Jokowi-Ma'ruf Ungguli Prabowo-Sandi di Bern, Kopenhagen & Vatikan

Kamis, 18 April 2019 08:06 Reporter : Henny Rachma Sari
Jokowi-Ma'ruf Ungguli Prabowo-Sandi di Bern, Kopenhagen & Vatikan Debat kelima Pilpres 2019. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Hasil penghitungan suara di luar negeri sudah keluar. Pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf Amin ungguli rivalnya Prabowo-Sandi di Bern, Kopenhagen dan Vatikan.

Penghitungan PPLN Bern, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 760 suara (78,4 persen), sedangkan pasangan nomor urut 02 memperoleh 175 suara (18 persen), serta 34 suara dinyatakan tidak sah (3 persen)

Untuk pemilihan calon legislatif, terdapat tiga partai politik yang memperoleh suara terbanyak yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pensosbud KBRI Bern kepada Antara London, Rabu mengatakan sesuai dengan ketentuan KPU, PPLN Bern mengadakan penghitungan suara Pemilu 2019 di gedung KBRI Bern, pada Rabu (17/4) yang berakhir pada pukul 6 sore waktu setempat,

Penghitungan suara berlangsung selama hampir 12 jam, mulai pukul delapan pagi waktu setempat. Sebagaimana pencoblosan Pemilu 2019 pada hari Sabtu (13/4), KBRI Bern kembali bekerja sama dengan PPLN Bern untuk menyiarkan penghitungan secara langsung melalui tautan Youtube dan Facebook.

Tercatat 92 persen WNI menggunakan hak mereka untuk memilih presiden dan wakil presiden serta wakil rakyat DPR di wilayah akreditasi Konfederasi Swiss dan Keharyapatihan Liechtenstein.

Duta Besar RI di Bern, Muliaman D. Hadad mengatakan hal ini merupakan angka yang cukup tinggi untuk menggambarkan kesadaran demokrasi yang baik.

Optimisme ini juga terlihat dari antusiasme WNI yang datang berkunjung ke KBRI Bern untuk menyaksikan langsung proses penghitungan suara. Beberapa WNI bahkan sengaja mengambil cuti dari pekerjaan masing-masing.

Hadir dalam proses penghitungan suara, para saksi dari partai politik dan tim kemenangan kedua calon presiden dan wakil presiden.

Dubes RI Bern menyampaikan bahwa penghitungan suara di KBRI Bern berlangsung aman, tertib, lancar, dan dalam suasana kekeluargaan.

Sebanyak 1.054 orang WNI terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) di wilayah akreditasi KBRI Bern.

Pada proses pemungutan suara di TPS, pemilih yang terdaftar dalam DPT hanya hadir sejumlah 154 orang, dan sisa 51 surat suara digunakan DPK. Sementara itu, 764 surat suara kembali via pos.

Kopenhagen Jokowi 79,7 Persen, Prabowo 13,7 Persen

Perolehan suara untuk Jokowi-Ma'ruf di Kopenhagen sebanyak 440 suara atau 79,7 persen. Sementara, Prabowo-Sandi memperoleh 76 suara atau 13,7 persen. Sisanya terdapat 6,5 persen suara yang tidak sah. Dari total suara 552 total suara yang diterima PPLN Kopenhagen, baik suara pemilih langsung di TPS maupun pos.

Penghitungan surat suara untuk calon presiden dan wakil presiden di perwakilan Pemerintah RI di Kopenhagen digelar secara terbuka untuk masyarakat umum yang berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Dubes RI untuk Denmark merangkap Lithuania, M. Ibnu Said mengatakan penghitungan suara dilakukan Rabu, (17/4) mulai pukul 08.30 pagi.

"Proses penghitungan suara berlangsung dengan lancar dan tertib, masyarakat yang hadir juga mengikuti dengan antusias," ujar Dubes M. Ibnu Said, yang hadir sepanjang proses penghitungan.

Pemungutan suara di Denmark dan Lithuania dilakukan dengan dua metode pilihan, yaitu mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) yang dilakukan di KBRI Kopenhagen dan pengiriman surat suara melalui pos. Sedangkan metode kotak suara keliling (KSK) tidak dilakukan karena sudah tercover dengan dua metode lainnya.

Dengan total partisipan 552, pemungutan suara di TPS Kopenhagen menghasilkan tingkat partisipasi 77 persen. Jumlah Daftar Pemilih Tetap di PPLN Kopenhagen sebanyak 720 dan Daftar Pemilih Tambahan sebanyak 63.

Penghitungan suara juga disiarkan secara live di Homepage Facebook PPLN Denmark.WNI yang hadir mengikuti penghitungan dengan antusias. Seperti, Dina Andersen, WNI yang sudah tinggal 25 tahun di Denmark, rela menempuh waktu 2 jam dari kota Rødvig ke Kopenhagen untuk mengikuti penghitungan suara. "Untung saya sedang libur kerja jadi bisa ikut liat penghitungan," ujar Dina Andersen.

Di Vatikan, Jokowi Menang Telak

Pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf menang telak di Vatikan. Keduanya memperoleh suara 1.171 suara. Sementara pasangan calon nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 12 suara. Suara yang tidak sah sebanyak 45.

Penghitungan suara dilakukan PPLN dan KPPSLN Vatikan yang beranggotakan 20 orang juga dihadiri masyarakat Indonesia yang sebagian besar rohaniwan/rohaniwati Katolik Indonesia yang bekerja atau studi di Vatikan.

Jumlah pemilih melalui TPS 738 orang dan Pos 490 orang. Dengan demikian paslon 01 mengantongi 99 persen suara dari 1.183 suara sah. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini