Joe Biden Janji Tak Akan Pindahkan Kedubes AS di Yerusalem Jika Jadi Presiden

Kamis, 30 April 2020 16:05 Reporter : Hari Ariyanti
Joe Biden Janji Tak Akan Pindahkan Kedubes AS di Yerusalem Jika Jadi Presiden Joe Biden. dailycaller.com

Merdeka.com - Kandidat capres Demokrat, Joe Biden pada Rabu menyampaikan, Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Israel akan tetap berada di Yerusalem jika dia terpilih pada Pilpres 2020, kendati dia menyebut keputusan Trump memindahkan Kedubes dari Tel Aviv ke Yerusalem itu terburu-buru dan sembrono.

Berbicara dalam acara penggalangan dana virtual, Biden menyebut merelokasi kembali kantor kedubes tak akan membantu proses perdamaian yang stagnan antara Israel dan Palestina.

"Tapi sekarang sudah selesai, saya tidak akan memindahkan kembali kedubes ke Tel Aviv," ujarnya, dilansir dari Times of Israel, Kamis (30/4).

Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Desember 2017, saat dia mengumumkan rencana pemindahan kedubes. Pada Mei 2018, pemerintahan Trump meresmikan gedung baru tersebut yang menuai kontroversi baik di Washington maupun Timur Tengah.

Dalam kesempatan itu, Biden mengatakan akan membuka kembali Konsulat AS di Yerusalem Timur untuk melibatkan pemimpin Palestina dalam perundingan "solusi dua negara".

"Saya pendukung negara Yahudi Israel yang aman dan demokratis sepanjang hidup saya," kata Biden.

"Pemerintahan saya akan mendesak kedua belah pihak untuk mengambil langkah-langkah untuk menjaga prospek solusi dua negara tetap hidup." [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini