Joe Biden Didesak Pilih Kandidat Cawapres Wanita Kulit Hitam

Rabu, 6 Mei 2020 17:07 Reporter : Iqbal Fadil
Joe Biden Didesak Pilih Kandidat Cawapres Wanita Kulit Hitam Joe Biden mengunjungi Blue Mosque. ©Reuters/Murad Sezer

Merdeka.com - Pemilih kulit hitam menjadi penyelamat Joe Biden dalam perjalanan kampanyenya mendapatkan tiket capres dari Partai Demokrat. Dengan dukungan pemilih kulit hitam di Carolina Selatan dan di seluruh wilayah Selatan Amerika, Biden yang kini menjadi kandidat capres AS di Pilpres 2020 didesak untuk memilih seorang perempuan kulit hitam sebagai pasangannya.

Biden sendiri telah meluncurkan komite pada minggu lalu untuk mulai menyeleksi kandidat calon untuk mendampinginya. Proses itu dia katakan kemungkinan akan berlangsung hingga Juli. Dan Biden sudah berkomitmen untuk memilih seorang wanita sebagai cawapres.

Tetapi pemilih dan pemimpin dari kalangan kulit hitam mengatakan dia perlu melangkah lebih jauh dan memilih seorang wanita kulit hitam. Mereka berpendapat bahwa keberhasilan Biden - dan keberhasilan Partai Demokrat secara keseluruhan - tergantung pada orang kulit hitam yang memilih pada bulan November.

Kalangan pemilih kulit hitam menagih balasan atas kesetiaan mereka, bukan hanya ucapan terima kasih karena telah hadir di Hari Pemilihan.

"Orang kulit hitam menginginkan pengakuan atas dukungan bertahun-tahun yang mereka berikan kepada Partai Demokrat," kata Niambi Carter, seorang profesor ilmu politik Universitas Howard, seperti dikutip AP, Rabu (6/5).

Salah satu pimpinan Kongres AS dari Partai Demokrat Jim Clyburn, yang dukungannya membuat Biden mendapatkan nominasi capres pada Maret, mengatakan bahwa jelas dia akan lebih memilih wanita kulit hitam meski bersikeras dia tidak mendorong Biden ke arah itu.

"Aku ayah dari tiga wanita Afrika Amerika yang sudah dewasa. Jadi secara alami saya lebih suka wanita Afrika-Amerika, tetapi tidak harus begitu," kata Clyburn.

Biden sangat vokal tentang orang-orang yang akan dianggapnya sebagai pasangan pendamping. Dia merujuk dua wanita kulit hitam, Senator Kamala Harris dari California dan Stacey Abrams, mantan calon Demokrat untuk gubernur di Georgia. Perempuan kulit hitam lainnya, termasuk Senator dari Florida Val Demings dan Walikota Atlanta Keisha Lance Bottoms, juga telah disebutkan.

Tetapi Biden juga dianggap mempertimbangkan beberapa wanita kulit putih, termasuk Senator Elizabeth Warren dari Massachusetts, Senator Amy Klobuchar dari Minnesota dan Gubernur Michigan Gretchen Whitmer.

Presiden Donald Trump mengatakan lawannya November berutang pada Warren, berteori bahwa Senator Bernie Sanders "akan memenangkan setiap negara bagian pada Super Selasa" jika Warren keluar dari balapan utama sebelumnya.

Dalam sebuah wawancara Senin dengan New York Post, Trump memecat Abrams ketika mengklaim bertanggung jawab atas kekalahannya dalam pemilihan gubernur Georgia tahun 2018.

Baca Selanjutnya: Kekuatan Politik Perempuan Kulit Hitam...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini