Joe Biden Cabut Belasan Aturan dan Kebijakan Era Trump Beberapa Jam Setelah Dilantik

Kamis, 21 Januari 2021 14:59 Reporter : Hari Ariyanti
Joe Biden Cabut Belasan Aturan dan Kebijakan Era Trump Beberapa Jam Setelah Dilantik pelantikan joe biden. ©Reuters

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Joe Biden merampungkan 17 keputusan presiden hanya beberapa jam setelah dilantik pada Rabu, bergerak lebih cepat dan lebih agresif dibandingkan presiden-presiden sebelumnya untuk mencabut berbagai warisan kebijakan dan aturan dari pendahulunya.

Biden menandatangani sejumlah keputusan presiden, memorandum, dan direktif kepada sejumlah lembaga pemerintahan, langkah pertamanya mengatasi pandemi virus corona dan mencabut sejumlah kebijakan Donald Trump.

“Tak ada waktu lain untuk memulainya selain hari ini,” ujarnya kepada wartawan di Ruang Oval saat dia mulai menandatangani sejumlah perintah dan memo.

“Saya akan mulai dengan memenuhi janji saya kepada rakyat Amerika,” lanjutnya, dilansir CNN, Kamis (21/1).

Biden menghentikan pendanaan pembangunan tembok perbatasan yang cukup menuai kontroversi di era Trump, mencabut larangan kunjungan Muslim dari sejumlah negara dan menetapkan kebijakan progresif terjadi lingkungan dan keragaman yang dihentikan Trump selama empat tahun.

Biden juga membatalkan upaya Trump untuk menarik diri dari sejumlah perjanjian internasional, kembali bergabung dengan perjanjian iklim Paris dan kembali menjadi anggota WHO yang ditinggalkan Trump. Pakar penyakit menular ternama AS, Dr Anthony Faucy akan menjadi ketua delegasi AS di badan PBB itu.

Baca Selanjutnya: Tindakan pertama Biden adalah mewajibkan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini