Jetnya ditembak, Israel ancam hancurkan pertahanan udara Suriah

Senin, 20 Maret 2017 14:27 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Jet Israel. ©gerarddirect.com

Merdeka.com - Jet tempur milik Israel ditembak pasukan keamanan udara Suriah, hal ini membuat Negeri Bintang Daud tersebut marah besar. Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman bahkan mengancam akan menghancurkan sistem pertahanan udara Suriah jika mereka kembali menargetkan serangan pada jet tempurnya.

Militer Israel menyebutkan jet tempur mereka ditembak jatuh oleh satu dari beberapa roket anti-pesawat tempur pesawat perang Suriah. Insiden ini terjadi pekan lalu dan menjadi masalah militer yang sangat serius antara dua negara tetangga itu.

Dilansir dari Independent, Senin (20/3), pejabat angkatan udara menyebutkan ada empat jet tempur Israel dalam misi menghancurkan konvoi senjata dengan tujuan Iran, yang dilakukan kelompok militan Libanon Hizbullah.

"Selanjutnya Suriah menggunakan sistem pertahanan udara melawan pesawat kami, kami akan menghancurkan mereka tanpa ampun," seru Lieberman dalam radio publik.

Sementara itu, Damaskus sendiri mengklaim menembak jatuh salah satu pesawat dan mengenai jet lainnya. Meski demikian, klaim tersebut dibantah Israel.

Sebuah pernyataan militer Suriah menyebutkan, Tel Aviv membantu ISIS di dekat Palmyra. "Israel telah melakukan serangan dekat Palmyra untuk membantu geng teroris ISIS, dan berupaya meningkatkan moral buruk, serta mengalihkan perhatian kemenangan Angkatan Bersenjata Arab Suriah dalam menghadapi organisasi teroris."

Ancaman-ancaman seperti ini kerap dilontarkan Lieberman sejak menjabat sebagai menteri pertahanan, tahun lalu. Sementara itu, serangan udara di Palmyra menjadi salah satu terobosan Israel paling jauh ke wilayah Suriah.

[che]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.