Jet Tempur Israel Rusak Parah karena Kebanjiran, Kerugian Jutaan Dolar

Selasa, 14 Januari 2020 11:41 Reporter : Pandasurya Wijaya
Jet Tempur Israel Rusak Parah karena Kebanjiran, Kerugian Jutaan Dolar jet israel kebanjiran. ©Haaretz

Merdeka.com - Hujan lebat yang mengguyur seantero Israel pekan lalu menimbulkan banjir dan merusak sejumlah jet tempur dan peralatan militer lainnya di pangkalan sebelah selatan Israel. Sejumlah hanggar dan bengkel kebanjiran.

Dilansir dari laman Haaretz, Senin (13/1), kerusakan jet tempur Israel itu menimbulkan kerugian hingga puluhan juta shekel. Angkatan Udara Israel juga harus mengevakuasi sejumlah personel mereka yang terjebak di pangkalan militer. Tak ada korban dilaporkan dalam peristiwa ini.

Pejabat senior Angkatan Udara Israel kemarin mengakui delapan jet tempur canggih Israel mengalami kerusakan cukup parah. Menurut dia seharusnya hal itu bisa dihindari jika saja tentara sudah bersiap akan kedatangan badai dan hujan lebat.

1 dari 1 halaman

Tiga jet tempur rusak parah dan lima lainnya rusak ringan dan bisa diperbaiki dan kembali siap digunakan dalam beberapa pekan mendatang, kata si pejabat.

Dia juga menuturkan, jet-jet yang sudah dipindahkan dari hanggar ke landasan pacu sebelum datang hujan badai masih dalam keadaan utuh. Menurut Angkatan Udara Israel, jika saja seluruh jet tempur mereka dipindahkan dari hanggar ke landasan pacu maka semua pesawat itu akan selamat. Pihak Angkatan Udara menolak menyebutkan ada berapa jumlah jet tempur yang terkena banjir di hanggar.

Meski mengakui kerusakan terjadi pada jet tempur, si pejabat juga menyalahkan otoritas sipil yang tidak becus dalam menangani banjir akibat hujan lebat. Si pejabat menyampaikan, lokasi pangkalan udara itu memang terletak di kawasan yang rawan banjir dan mereka tidak bisa menangani sistem pembuangan air jika terjadi hujan lebat. [pan]

Baca juga:
Ini yang Bakal Terjadi Jika Amerika Angkat Kaki dari Timur Tengah
Ada Israel di Balik Konflik Iran vs Amerika Serikat
Intelijen Israel Terlibat Pembunuhan Qassim Sulaimani
Putri Qassim Sulaimani Ancam AS & Israel: Kalian akan Hadapi Hari-hari Gelap
Koin Islam dari Masa Khalifah Harun al-Rasyid Ditemukan di Israel
Tentara Israel Akui Kesalahan Atas Serangan di Gaza Tewaskan 34 Orang

Topik berita Terkait:
  1. Israel
  2. Banjir
  3. Pesawat Militer
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini