Jepang Bolehkan Siswa Mengobrol Saat Istirahat Makan Siang

Kamis, 1 Desember 2022 10:32 Reporter : Pandasurya Wijaya
Jepang Bolehkan Siswa Mengobrol Saat Istirahat Makan Siang papan kayu jadi media doa siswa jepang agar lulus masuk sekolah. ©2018 AFP Photo/KAZUHIRO NOGI

Merdeka.com - Sekolah di Jepang kini diminta untuk mengizinkan siswa berbicara dengan teman satu kelasnya ketika istirahat makan siang. Negeri Sakura saat ini makin melonggarkan berbagai aturan pembatasan Covid-19 yang sudah berlangsung hampir tiga tahun sejak pandemi.

Kementerian Pendidikan Selasa lalu menyebarkan pengumuman tentang bagaimana memfasilitasi siswa untuk mengobrol sebagai bagian dari revisi aturan panduan nasional dalam menghadapi Covid-19.

Banyak sekolah di Jepang menerapkan aturan ketat melarang siswa berbicara saat istirahat makan siang sejak dimulainya pandemi demi menghindari penyebaran virus corona.

"Makanlah dengan sesedikit mungkin berbicara dan pakai masker kalau mau berbicara," demikian bunyi aturan terdahulu, seperti dilansir laman South China Morning Post, Kamis (1/12).

Meski sukses mempertahankan angka kematian Covid yang rendah, Jepang masih tertinggal dibanding negara berkembang dalam melonggarkan aturan pembatasan selama pandemi. Bulan lalu Jepang baru saja membuka kembali penerbangan untuk turis asing.

Meski kebanyakan orang dewasa di Jepang kini sudah kembali mengobrol saat makan, banyak institusi pendidikan masih menerapkan aturan lama, termasuk meminta siswa duduk sendiri saat makan. Sebelum pandemi siswa dibolehkan duduk bergabung bersama dan mengobrol sambil makan siang.

Anak-anak boleh mengobrol saat makan siang jika ada ventilasi yang memadai dan duduknya diatur," kata kementerian. Mereka juga akan meminta pihak sekolah membolehkan siswa melepas masker jika tidak diperlukan. [pan]

Baca juga:
Ini Alasan Mengapa Suporter Jepang Selalu Bersihkan Stadion Setelah Laga Piala Dunia
Pelari Joging Tanpa Masker Tulari 39 Orang dengan Omicron di Sebuah Taman
Ilmuwan Temukan Virus Baru Mirip Covid Pada Kelelawar, Bisa Menular ke Manusia
China Laporkan Kematian Pertama Covid Sejak Mei
Pria ini Baru Sembuh dari Covid-19 setelah Satu Tahun Lebih, Ini Sebabnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini