Jenderal Myanmar Gelar Makan Malam Mewah di Saat Tentaranya Bunuh 100 Demonstran

Senin, 29 Maret 2021 16:35 Reporter : Pandasurya Wijaya
Jenderal Myanmar Gelar Makan Malam Mewah di Saat Tentaranya Bunuh 100 Demonstran Jenderal Min Aung Hlaing. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemimpin junta militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing menggelar acara makan malam mewah Sabtu lalu bertepatan dengan Hari Angkatan Bersenjata di saat pasukannya dilaporkan menembak mati lebih dari 100 orang demonstran. Di hari yang sama juga ribuan warga di pedesaan di perbatasan Thailand harus mengungsi karena serangan udara jet-jet tempur militer Myanmar.

Dilansir dari laman CNN, Senin (29/3), sejumlah foto beredar di media sosial memperlihatkan sang pemimpin junta militer itu mengenakan pakaian putih dengan dasi dan jaket penuh lencana berjalan di karpet merah sambil memberi salam kepada hadirin yang datang kemudian duduk untuk menyantap makanan di Hari Angkatan Bersenjata.

Peringatan Hari Angkatan Bersenjata ini menandai perlawanan militer terhadap pendudukan Jepang di masa Perang Dunia Kedua dan junta juga menggelar parade militer di hari itu. Sabtu kemarin juga adalah hari Tabaung, akhir dari perhitungan kalender bulan di Myanmar dan menjadi hari penting bagi Buddhisme yang biasa dirayakan dengan festival dan kunjungan ke pagoda.

Namun di Myanmar, hari itu menjadi hari paling berdarah sejak kudeta militer 1 Februari. Sedikitnya 114 orang tewas diterjang peluru militer, termasuk anak-anak, di 44 kota di seantero negeri, kata media independen Myanmar Now.

Dalam pidatonya di parade militer Sabtu kemarin, Jenderal Min Aung Hlaing mengatakan militer akan melindungi rakyat dan menjunjung demokrasi.

Di saat warga berduka atas jatuhnya korban kemarin, kekerasan masih berlanjut. Reuters melaporkan aparat keamanan menembaki kerumunan orang di pemakaman mahasiswa 20 tahun bernama Thae Maung Maung di Bago dekat Ibu Kota Yangon. Insiden itu membuat kerumunan warga kocar-kacir menyelamatkan diri. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini