Jamal Khashoggi Dinobatkan Sebagai 'Sosok Tahun Ini' Versi Majalah Time

Rabu, 12 Desember 2018 14:13 Reporter : Ira Astiana
Jamal Khashoggi Dinobatkan Sebagai 'Sosok Tahun Ini' Versi Majalah Time Jamal Khashoggi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Majalah Time dari Amerika Serikat mengeluarkan pilihan 'Sosok Tahun Ini' dalam edisi terbarunya. Untuk tahun 2018, Time menobatkan Jamal Khashoggi sebagai 'Sosok Tahun Ini'. Khashoggi merupakan wartawan Arab Saudi yang dibunuh pada 2 Oktober lalu di kantor konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Pembunuhan Khashoggi sempat menjadi pemberitaan utama dari beberapa media dunia karena ada dugaan keterlibatan pemerintah Saudi di dalamnya. Pangeran Saudi Muhammad bin Salman menjadi bulan-bulanan dalam kasus ini karena dituding sebagai orang yang memerintahkan pembunuhan tersebut.

"Dia mengatakan yang sebenarnya kepada dunia tentang kebrutalan (Saudi) terhadap mereka yang berani berbicara. Dan dia dibunuh karenanya," demikian tertulis dalam majalah tersebut tentang Khashoggi, dikutip dari Middle East Eye, Rabu (12/12).

"Kematiannya menunjukkan sifat pangeran yang sesungguhnya, ketiadaan moralitas dalam aliansi Saudi-Amerika Serikat, dan sentralitas atas pertanyaan tentang pembunuhan Khashoggi: Siapa yang bisa dipercaya untuk menceritakan kenyataan ini?" lanjut tulisan tersebut.

Penobatan Khashoggi sebagai Sosok Tahun Ini disambut baik oleh surat kabar Washington Post. Washington Post merupakan tempat Khashoggi bekerja sebagai kolumnis untuk mengungkapkan fakta tentang rezim Saudi.

"Kami berharap pengakuan ini akan mendorong para pemimpin bangsa kita untuk mempertahankan nilai-nilai negara dan meminta pertanggungjawaban mereka yang berusaha membungkam wartawan saat meliput komunitas kita, atau jika dalam kasus Khashoggi, pemerintah otoriter yang menindas," kata Fred Ryan dari Washington Post.

Selain Khashoggi, Time juga menobatkan penghargaan serupa kepada wartawan lain seperti Wa Lone dan Kyaw Soe Oo. Keduanya merupakan wartawan Reuters yang dipenjara oleh pemerintah Myanmar karena menyelidiki pembantaian terhadap warga Muslim Rohingya di Negara Bagian Rakhie.

Maria Ressa, wartawan Filipina, dan wartawan lain yang tewas dalam penembakan massal di Capital Gazette, Maryland, juga dinobatkan sebagai Sosok Tahun Ini versi majalah Time. [ias]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini