KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Jakarta belum bisa seperti London

Kamis, 20 April 2017 09:14 Reporter : Yulistyo Pratomo
Sadiq Khan. ©REUTERS/Pool

Merdeka.com - Pemilihan Gubernur DKI Jakarta baru saja berakhir. Hasil hitung cepat menempatkan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno sebagai pemenangnya. Pasangan nomor tiga ini memperoleh suara sebesar 57,67 persen berbanding suara pasangan nomor dua dengan 42,33 persen.

Di balik kemenangan itu, isu agama dan ras selalu menjadi sorotan utama. Bahkan, banyak media internasional memandang Pilgub DKI ini sebagai pertempuran antara kaum pluralisme dan radikalisme Islam.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan London. Di kota yang dipenuhi penduduk mayoritas Kristen malah memilih seorang pemimpin bukan berdasarkan agama, suku atau ras.

Warga London memilih seorang pemimpin Muslim karena jejak rekamnya yang moderat dan inklusif, bukan berdasarkan sentimen agama. Itulah yang menyebabkan Sadiq Khan menjadi orang Muslim pertama yang menduduki jabatan sebagai Wali Kota London.

Tidak mudah bagi Sadiq Khan untuk mendapatkan kepercayaan penuh dari warga London, yang juga ibu kota Inggris. Dia harus melalui dua putaran sebelum memperoleh jabatan yang bakal diembannya selama empat tahun.

Untuk menjadi kandidat partai saja Khan harus melalui lima putaran dengan menghadapi lima kandidat lainnya. Selama dua putaran itu, dia terus berada di urutan pertama dan akhirnya mendapatkan lebih dari separuh suara dari total penduduk London. pesaing terdekatnya Zac Goldsmith dari Partai Konservatif hanya mendapatkan 43,2 persen berbanding 56,8 persen.

Kemenangan Khan merupakan pukulan terburuk bagi Goldsmith, di mana keduanya saling menyerang secara personal, termasuk kelas dan latar belakang etnis yang mereka miliki. Atas kemenangannya itu dia menjadi politikus kedua dari Partai Buruh yang menempati posisi itu, sekaligus pemimpin Muslim pertama di ibu kota Uni Eropa.

Jadi, Jakarta memang tertinggal dari London.

[tyo]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.