Jajak pendapat Gallup: Obama jadi pria paling dikagumi di AS

Kamis, 28 Desember 2017 12:16 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Obama di Istana Bogor. ©2017 AFP PHOTO/POOL

Merdeka.com - Gallup Poll, sebuah lembaga jajak pendapat meminta pendapat masyarakat Amerika Serikat tentang sosok pria dan wanita paling mengagumkan di Negara Paman Sam tersebut.

Hasilnya, responden menilai pria paling mengagumkan di AS adalah mantan Presiden AS, Barack Obama. Sedangkan Hillary Clinton dinilai sebagai wanita paling mengagumkan di AS.

Dilansir dari Huffington Post, Kamis (28/12), jajak pendapat dilakukan pada tanggal 4-11 Desember lalu. Untuk kategori pria paling dikagumi, 17 persen responden memilih Obama, kemudian disusul Presiden Donald Trump dengan persentase 14 persen. Sisanya memberikan jawaban berbeda hingga tak menjawab.

Sementara untuk wanita paling dikagumi di AS, Hillary Clinton kembali menjadi pilihan responden perolehan suara 9 persen. Di bawah Hillary ada Michelle Obama dengan 7 persen suara.

Ini untuk kesepuluh kalinya, Obama dinobatkan sebagai sosok pria yang paling dikagumi di AS. Sedangkan untuk Hillary sendiri tercatat sebagai 22 kali dinilai sebagai wanita paling mengagumkan.

Jajak pendapat ini dilakukan dengan metode wawancara via telepon melibatkan 1.049 orang berusia 18 tahun atau lebih tua, yang diambil secara acak dan tersebar di 50 negara bagian juga kawasan Kolumbia.

Gallup Poll sudah melakukan jajak pendapat serupa sejak tahun 1946. Itu dilakukan setiap tahun kecuali 1976 silam. Selama jajak pendapat dilakukan, satu-satunya orang yang berulang kali dinilai menjadi sosok mengagumkan adalah mantan Presiden Dwight Eisenhower. Dia terpilih sebanyak 12 kali. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Barack Obama
  2. Survei
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini