Jadi panutan, ini bandingan gaji Jokowi dengan pemimpin ASEAN

Senin, 20 Oktober 2014 06:16 Reporter : Ardyan Mohamad
Jadi panutan, ini bandingan gaji Jokowi dengan pemimpin ASEAN Persiapan pelantikan Jokowi-JK. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Hari ini, Senin 20 Oktober 2014, Joko Widodo resmi dilantik sebagai Presiden Ke-7 Republik Indonesia. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu tidak bisa lagi cuma memikirkan kebijakan dalam negeri. Jokowi, demikian pria 52 tahun ini akrab disapa, perlu menyadari perannya dinanti buat memajukan kawasan Asia Tenggara. Itulah alasan gaji bulanan presiden RI berada di posisi 15 besar dunia.

Indonesia merupakan salah satu negara pemrakarsa berdirinya ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967. Bahkan, untuk fungsi geopolitik dan keamanan, negara mayoritas muslim ini adalah barometer di kawasan. Indonesia pun panutan negara tetangga yang sedang mencoba melakukan demokratisasi, contohnya Myanmar.

Belum lagi dari sisi ekonomi, 38 persen penduduk usia produktif ASEAN ada di Tanah Air. Artinya, ketika Masyarakat Ekonomi ASEAN dimulai pada 2015, liberalisasi barang dan jasa akan lebih banyak menyasar pasar Indonesia.

Di luar tugas-tugas yang tidak terelakkan itu, Jokowi punya pekerjaan rumah tambahan. Dalam kampanye pemilihan presiden lalu, dia berjanji mengusung Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Sekarang, Indonesia yang 70 persen wilayahnya berupa perairan baru sebatas dilintasi kapal dagang. Jokowi berambisi membuat jalur pelayaran Asia Pasifik berpusat di Tanah Air, impian yang lebih dulu dikejar Singapura.

Untuk mencapai penguatan maritim, pemerintah harus menuntaskan perjanjian garis batas laut, khususnya dengan Malaysia. Perundingan dengan Singapura baru kelar tahun ini, itupun setelah 10 kali pertemuan sejak 2011. Belum lagi kewajiban Kementerian Luar Negeri menyelesaikan isu Landas Kontinen dengan negara-negara sekitar perbatasan.

Dengan tugas bejibun di level internasional tersebut, rupanya gaji presiden Indonesia bukan yang terbesar di kawasan.

Jika Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono menjadi acuan, maka Jokowi kemungkinan mendapat bayaran USD 124,171 (setara Rp 1,48 miliar) per tahun. Itu sekitar 28 kali lipat pendapatan rata-rata warga negara Indonesia. Nominal gaji itu bisa saja bertambah sesuai dengan inflasi. Gaji ini di luar dana taktis lebih dari Rp 2 miliar saban bulan.

Seperti apa perbandingan gaji presiden RI dengan sesama pemimpin ASEAN? Berikut rangkumannya disusun merdeka.com:

Baca Selanjutnya: PM Singapura (Rp 244 miliar)...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini