Jackie Chan Dukung Pemerintah China dalam Demo Hong Kong

Rabu, 14 Agustus 2019 14:09 Reporter : Merdeka
Jackie Chan Dukung Pemerintah China dalam Demo Hong Kong Jackie Chan. globalpost.com

Merdeka.com - Awal bulan ini demonstran Hong Kong sempat membuang bendera nasional China ke laut tepatnya di daerah Victoria Harbour sebagai bentuk kemarahan dan protes mereka atas RUU Ekstradisi.

Sebagai tanggapan atas kejadian itu jutaan warga China dengan bangga mendeklarasikan diri sebagai 'pengusung bendera' atau pembela bendera China, termasuk aktor Jackie Chan.

Stasiun televisi pemerintah China, CCTV, dalam unggahan di Weibo mengklaim China mempunyai 1.4 miliar 'pengusung bendera' dan mengajak warga China untuk membagikan unggahan itu dan menegaskan "saya adalah pembawa bendera."

Saat ini, unggahan tersebut dibagikan hampir mendekati angka 10 juta. Termasuk aktor Jackie Chan yang menyatakan dirinya sebagai "pengusung bendera" pada hari Selasa kemarin.

"Sebagai seorang warga Hongkong dan seorang China, saya juga adalah pengusung bendera. Saya bangga menjadi warga China," kata aktor berusia 65 tahun itu, seperti dilansir laman Shanghaiist, Jumat (9/8).

Jackie Chan yang lahir di Hong Kong menyatakan kesetiaannya kepada Partai Komunis China ketika ditanya mengenai demonstrasi yang sedang terjadi di kota kelahirannya.

Dia mengatakan peristiwa yang terjadi di Hong Kong menghancurkan hatinya. Dia juga meminta agar publik ikut dengannya dalam menjaga kedaulatan China dan berharap perdamaian secepat mungkin dapat kembali.

Kerusuhan Hong Kong berawal dari rancangan undang-undang ekstradisi yang diusulkan pemerintah China daratan. Protes akibat rancangan undang-undang tersebut, dikabarkan sebagai krisis politik terburuk yang dialami Hong Kong, selama bergabung dengan China 22 tahun yang lalu.

Reporter Magang: Ellen RiVeren [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini