Istri Robert Mugabe diduga curang saat meraih gelar doktor

Selasa, 9 Januari 2018 14:39 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
Istri Robert Mugabe diduga curang saat meraih gelar doktor Grace Mugabe, istri mantan presiden Zimbabwe. istimewa ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah mantan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, terguling dari puncak kekuasaan bukan berarti semua masalah selesai. Masih berjejer problem ditinggalkan dia dan keluarganya, salah satunya soal dugaan pemalsuan gelar doktor diperoleh sang istri, Grace Ntombizodwa Mugabe.

Kabar dugaan kecurangan dilakukan oleh Grace dalam menempuh pendidikan strata tiga mencuat baru-baru ini. Yaitu setelah badan antikorupsi Zimbabwe mengusutnya. Sebab, Grace yang mendaftar di program studi S-3 Universitas Zimbabwe pada 2014 lalu bisa meraih gelar doktor di hanya dalam waktu beberapa bulan saja, dan lulus tahun itu juga. Padahal biasanya, mereka yang menempuh tingkat pendidikan itu membutuhkan waktu beberapa tahun melakukan penelitian dan menuliskannya dalam laporan, sebelum bisa dinyatakan lulus.

Dilansir dari laman The Guardian, Selasa (9/1), dugaan manipulasi itu baru bisa terkuak setelah Robert dan Grace terempas dari lingkar kekuasaan. Konon kabarnya, ketika menempuh pendidikan S-3 di Universitas Zimbabwe, Grace tidak pernah sekali pun belajar atau melakukan penelitian.

Apalagi disertasi Mugabe juga tidak pernah dipaparkan kepada publik. Konon, tema disertasi Mugabe adalah 'Perubahan Struktur Sosial dan Fungsi Keluarga'. Namun, tidak diketahui apakah penelitian itu dijalankan.

"Laporan soal itu memang benar dan memang sedang dilakukan penyelidikan," kata juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Zimbabwe, Phyllis Chikundura.

Padahal, aturan di negara itu mewajibkan kalau setiap disertasi harus melewati uji publik. [ary]

Topik berita Terkait:
  1. Zimbabwe
  2. Robert Mugabe
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini