Israel Tandatangani Kesepakatan Normalisasi dengan UAE dan Bahrain di Gedung Putih

Rabu, 16 September 2020 10:37 Reporter : Hari Ariyanti
Israel Tandatangani Kesepakatan Normalisasi dengan UAE dan Bahrain di Gedung Putih Penandatanganan Kesepakatan Abraham di Gedung Putih antara Israel, UEA, dan Bahrain yang difasilitas. ©Saul Loeb/AFP

Merdeka.com - Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain resmi mengakui Israel setelah penandatanganan kesepakatan normalisasi hubungan antar negara yang difasilitasi Amerika Serikat (AS). Penandatangan perjanjian yang dinamai Kesepakatan Abraham berlangsung pada Selasa (15/9) di Gedung Putih. Para pemimpin keempat negara memuji perjanjian tersebut sebagai "fajar baru" perdamaian di Timur Tengah.

Ratusan orang berkumpul di Halaman Selatan Gedung Putih untuk menyaksikan penandatanganan perjanjian antara Israel dan UEA dan Bahrain.

"Kita berada di sini sore ini untuk mengubah perjalanan sejarah," ujar Presiden AS, Donald Trump dari balkon menghadap ke Halaman Selatan, dikutip dari Times of Israel, Rabu (16/9).

"Setelah beberapa dekade perpecahan dan konflik, kita menandai fajar Timur Tengah baru."

Perjanjian itu tak menyinggung konflik panjang Israel-Palestina. Sementara UEA, Bahrain, dan negara Arab lainnya mendukung Palestina, pemerintah Trump membujuk dua negara tersebut untuk tak membiarkan konflik menjadi penghalang mereka menjalin hubungan normal dengan Israel.

Dalam pidatonya sebelum penandatanganan perjanjian, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menyanjung capaian tersebut sebagai "sejarah penting". Dia mengatakan, momentum perdamaian baru bisa mengakhiri konflik Arab-Israel "sekali dan untuk semua".

Menteri Luar Negeri UEA, Abdullah bin Zayed bin Sultan Al Nahyan berterima kasih kepada Netanyahu karena "menghentikan aneksasi wilayah Palestina yang memperkuat keinginan bersama untuk mencapai masa depan yang lebih baik untuk generasi yang akan datang."

Ketiga pemimpin tak melakukan jabat tangan setelah penandatanganan perjanjian, tapi mereka meletakkan tangan di dada dan menunduk, sesuai protokol pencegahan Covid-19.

Baca Selanjutnya: Tiga dokumen ditandatangani pada upacara...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini