Israel Kerahkan Serangan Rudal ke Gaza Meski Sepakat Lakukan Gencatan Senjata

Rabu, 27 Maret 2019 14:51 Reporter : Ira Astiana
Israel Kerahkan Serangan Rudal ke Gaza Meski Sepakat Lakukan Gencatan Senjata Sistem pertahanan anti rudal Israel. theatlanticwire.com

Merdeka.com - Pasukan militer Israel mengerahkan serangan rudal ke Gaza pada Selasa (26/3) malam dan menyebabkan batalnya gencatan senjata yang telah disepakati dengan Palestina sebelumnya.

Serangan rudal terjadi selang beberapa jam Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memberi peringatan bahwa pihaknya siap mengerahkan aksi militer lebih lanjut ke Gaza dua pekan jelang pemilihan umum Israel pada 9 April mendatang.

Insiden ini dimulai Senin (25/3) ketika sebuah roket jarak jauh ditembakkan dari Jalur Gaza hingga menghantam sebuah rumah di bagian utara Tel Aviv dan melukai tujuh orang Israel. Kemudian militer Israel membalas serangan dengan serangkaian tembakan udara ke daerah kantong. Tidak ada korban dalam insiden serangan itu.

Gencatan senjata sempat dilakukan keesokan harinya, dengan Hamas yang mengklaim bahwa Mesir telah menjadi perantaranya. Tetapi ketika malam tiba, Israel mengatakan bahwa ada rudal yang ditembakkan dari Gaza sekitar pukul 18.00. Hamas menyangkal melakukan serangan itu dan mengatakan pihaknya berpegang teguh pada gencatan senjata yang telah disepakati.

Dikutip dari the National, Rabu (27/3), militer Israel melancarkan sekitar 80 serangan yang tidak hanya membuat Hamas dan markasnya hancur tetapi juga kantor pemimpin Hamas Ismail Haniyeh.

Situasi di Gaza menjadi perhatian Netanyahu karena dia berharap memenangkan pemilu tanpa ada masalah keamanan. Namun gejolak yang terjadi di Gaza saat ini dan babak baru pertempuran akan digunakan oleh saingannya sebagai tanda bahwa dia gagal mempertahankan keamanan di perbatasan Gaza. [ias]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini