Israel dan Hamas berunding saling tukar tahanan

Rabu, 19 Juli 2017 16:51 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Israel dan Hamas berunding saling tukar tahanan tahanan Palestina di penjara Israel. ©AFP

Merdeka.com - Israel dan kelompok Hamas di Palestina dikabarkan bakal saling bertukar tahanan.

Dari pembicaraan yang dimediasi Mesir tersebut, Israel menawarkan melepaskan sejumlah tahanan wanita, anak di bawah umur dan anggota parlemen Hamas yang ditahan tanpa tuduhan. Mereka meminta ditukar dengan bukti video tentang nasib tiga warga Israel yang ditahan Hamas.

Dari laman Times of Israel, Rabu (19/7), tiga orang tersebut adalah Avraham Abera Mengistu, Hisyam al-Sayed dan Juma Ibrahim Abu Ghanima. Semuanya dituding masuk Jalur Gaza seenaknya.

Mereka juga dituduh menyimpan jenazah Oren Shaul dan Hadar Goldin, dua tentara Israel yang terbunuh di Jalur Gaza selama perang 2014.

Hamas dilaporkan menolak tawaran Israel tersebut. Penolakan ini didasarkan atas penolakan Negeri Zionis membebaskan 55 tahanan yang ditangkap setelah sebelumnya dibebaskan dalam kesepakatan Gilat Shalit pada 2011 lalu.

Kesepakatan ini berisi pembebasan lebih dari 1.000 tahanan keamanan Palestina dengan imbalan tukar tentara Israel yang ditawan.

Sebagai gantinya, Hamas juga menuntut pembebasan sejumlah tahanan yang ditangkap dalam gelombang serangan teror yang dimulai pada Oktober 2015 itu.

"Komitmen kami kembali ke rumah Hadar Goldin dan Oron Shaul masih teguh. Kami tidak membebaskan diri dari misi suci ini. Hal yang sama berlaku untuk Avraham Abera Mengitsu dan Hisyam al-Sayed, warga Israel yang ditahan di Jalur Gaza oleh musuh yang brutal," kata Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Baca juga:
Pasukan Israel bunuh warga Palestina dalam serangan jelang fajar
Video insiden pemicu Israel berbuat semena-mena di Masjid Al-Aqsa
Warga Palestina kecam Israel pasang detektor di Masjid Al-Aqsa

Hamas dan Jihad Islam serukan intifada demi Masjid Al-Aqsa

Usai salat malam berjemaah, warga Palestina dihajar aparat Israel

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini