Israel Akan Bangun Permukiman Baru di Golan Dinamai "Dataran Tinggi Trump"

Senin, 15 Juni 2020 11:32 Reporter : Hari Ariyanti
Israel Akan Bangun Permukiman Baru di Golan Dinamai Dataran tinggi Golan. ©REUTERS/Ammar Awad

Merdeka.com - Seorang menteri Israel pada Minggu mengatakan pemerintah menyetujui rencana membangun permukiman baru di wilayah Dataran Tinggi Golan yang diduduki dan namanya akan didedikasikan untuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Menteri Permukiman, Tzipi Hotovely menulis di Facebook, bahwa kementeriannya akan mulai persiapan pembangunan permukiman baru diberi nama Ramat Trump — Ramat adalah bahasa Ibrani yang berarti dataran tinggi. Permukiman ini akan menampung 300 keluarga. Demikian dikutip dari TIME, Senin (15/6).

Israel merebut Dataran Tinggi Golan dari Suriah pada perang Timur Tengah 1967 dan mencaploknya pada 1981. Banyak masyarakat internasional menganggap langkah tersebut dan permukiman Israel di perbatasan tersebut ilegal dan melanggar hukum internasional.

Tapi Trump menandatangani perintah eksekutif mengakui wilayah tersebut sebagai wilayah Israel pada Maret 2019. Langkah itu diambil selama kunjungan PM Israel, Benjamin Netanyahu ke Washington hanya beberapa pekan sebelum Pemilu Israel. Keputusan itu, hanya satu dari beberapa kebijakan diplomatik yang menguntungkan Israel, yang disambut baik secara luas di negara zionis tersebut.

Baca Selanjutnya: Pemerintah Israel menyetujui rencana tersebut...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini