ISIS tembak helikopter Rusia di Suriah, dua pilot tewas

Minggu, 10 Juli 2016 14:36 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
ISIS tembak helikopter Rusia di Suriah, dua pilot tewas helikopter. wikipedia

Merdeka.com - Sebuah helikopter militer milik Rusia ditembak jatuh kelompok teror Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah. Akibat insiden ini, dua pilot Rusia tewas.

Sebuah pernyataan tertulis, seperti dikutip dari kantor berita Tass, Minggu (10/7), menyebutkan helikopter jenis Mi-25 ini sedang melakukan tes terbang dengan membawa amunisi di dekat Kota Homs. Kala itu, tes penerbangan bertepatan dengan respon untuk perang melawan ISIS di wilayah timur Kota Palmyra.

"Setelah melakukan tes dengan membawa amunisi, helikopter kemudian dihantam dengan tembakan oleh militan ISIS dari bawah. Seketika itu juga helikopter jatuh di wilayah yang dikontrol oleh militer pemerintah Suriah. Dua pilot yang menerbangkan helikopter tewas," ujar Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataan tertulis tersebut.

Rusia membantu militer Suriah di bawah pemerintahan Presiden Bashar al-Assad berjuang untuk melawan militan ISIS. Meski demikian, Rusia dituduh sengaja menggunakan jet tempur dengan bom untuk melawan semua musuh al-Assad dengan kedok berantas ISIS.

Presiden Rusia Vladimir Putin pun pada Maret lalu menyatakan akan segera menarik tentaranya dari Rusia, karena menurutnya Negeri Beruang Merah dan Suriah sudah mencapai kesepakatan yang dimaksud untuk berantas terorisme.

Pangkalan udara militer Rusia di Suriah sendiri berada di Provinsi Latakia dan fasilitas angkatan lautnya ada di Pelabuhan Tartus. Putin juga mengatakan akan terus melanjutkan operasi militernya meski sebagian tentaranya sudah dipulangkan kembali. [ard]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini