ISIS dipukul mundur di Mosul, Malaysia waspada

Selasa, 11 Juli 2017 14:44 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
ISIS dipukul mundur di Mosul, Malaysia waspada Warga Mosul rayakan kemenangan tentara Irak atas ISIS. ©REUTERS/Stringer

Merdeka.com - Tumbangnya kelompok radikal Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) di Mosul, Irak, menimbulkan kekhawatiran tersendiri di negara Islam lain, termasuk di antaranya Malaysia. Pemerintah Negeri Jiran langsung meningkatkan kewaspadaan akan militan ISIS yang kabur ke Asia Tenggara.

Menteri Pertahanan Malaysia Hishammudin Hussein menyebutkan laporan intelijen memperkirakan, para militan ISIS yang terdesak di Timur Tengah berencana memindahkan basis operasi mereka ke Asia Tenggara. Hal tersebut akan mereka lakukan karena melihat pertempuran di Marawi, Filipina.

"Yang terjadi di Timur Tengah akan berdampak langsung ke sini (Malaysia). Setelah pernyataan kemenangan Irak atas Mosul, selanjutnya mereka (ISIS) akan pergi, kemana? Ke wilayah yang masih aman, Asia Tenggara. Ini yang harus kita pantau," ujar Hishammuddin, dilansir dari Channel News Asia, Selasa (11/7).

Hishammuddin menuturkan hal ini di pertemuan Partai UMNO di Kuala Lumpur, kemarin. Dia juga mengatakan bahwa ISIS merupakan musuh utama pemerintah Negeri Jiran.

"ISIS telah mengumumkan ingin menjadikan Singapura, Malaysia, Indonesia dan Filipina basis mereka. Itu telah jadi agenda," tuturnya.

"Asia Tenggara akan menjadi fokus mereka. Dan semua negara ASEAN harus melihat masalah ini dengan serius," imbuhnya. [che]

Topik berita Terkait:
  1. Malaysia
  2. Jakarta
  3. Ekstremis ISIS
  4. Irak
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini