Irshad Manji: Warga Malaysia seperti anak-anak

Sabtu, 26 Mei 2012 20:00 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
Irshad Manji: Warga Malaysia seperti anak-anak Irshad Manji.(merdeka.com)

Merdeka.com -  

Pegiat Islam liberal Irshad Manji mengucapkan pernyataan warga Malaysia seperti anak-anak lantaran pemerintah negeri jiran melarang peredaran buku terbarunya "Allah, Kebebasan dan Cinta", Jumat lalu.

Surat kabar Malaysia Chronicle melaporkan, Sabtu (26/5), Irshad Manji menyayangkan tindakan pelarangan beredar buku karangannya itu. Dia menambahkan tindakan itu sama saja dengan menghina kaum muda negara itu. "Tidak ada yang patut dibanggakan dari pelarangan ide. Hal itu tanda-tanda ketidakamanan," kata Manji.

Bukan kali ini saja pemerintah Malaysia melarang peredaran buku aktivis pro lesbian, gay, banci, dan biseksual itu. Sebelumnya buku berjudul Permasalahan Islam Saat Ini juga dilarang terbit dan beredar di negeri jiran itu.

Menteri Agama Malaysia Jamil Khir Baharom mengatakan pemerintah menganggap berbagai pemikiran dalam buku Manji mengandung pemahaman bertentangan dengan Al-Qur'an dan menyerang aqidah Islam secara terang-terangan. Baharom menambahkan, Manji juga dianggap kerap mempromosikan gaya hidup bebas dan penyuka sesama jenis yang sangat dilarang dalam Islam.

Bedah buku Manji yang disponsori penerbit Border Books dan Monash University cabang Malaysia dan direncanakan bakal berlangsung pada 17 Mei pun dibatalkan.

Sebelumnya, bedah buku dan dialog Irshad Manji, yang mengklaim dirinya adalah reformis Islam tapi menjalin hubungan sesama jenis itu, di Jakarta dan Yogyakarta juga dihentikan karena diprotes oleh beberapa organisasi Islam.

Terkait pelarangan buku terbarunya di Malaysia, Irshad Manji mengatakan hal itu hanya semakin membuat semua orang penasaran dan mengancam ideologi ringkih pemerintah. Dia juga berujar kalau warga negeri jiran itu masih bisa mengunduh versi digital buku Allah, Kebebasan dan Cinta dari situs pribadinya.

  [fas]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini