Iran bikin kerja sama nuklir dengan Korea Utara

Jumat, 29 Mei 2015 14:39 Reporter : Muhammad Radityo
Iran bikin kerja sama nuklir dengan Korea Utara Rudal Musudan milik Korea Utara. aljazeera.com

Merdeka.com - Kantor berita Prancis, AFP memberitakan bila sekelompok oposisi talah menuduh Iran telah berkolaborasi lebih dalam dengan Korea Utara dalam pengembangan senjata nuklir.

"Rezim Iran melanjutkan untuk berkolaborasi dengan Korea Utara dalam rudal balistik dan Nuklirnya," ungkap Dewan Pertahanan Nasional oposisi Iran (NCRI) kepada pemberitaan kota yang bersumber dari pemerintah Iran.

Dilansir dari situs France24, Jumat, (29/5), dikatahui tim ahli Korea Utara telah menghabiskan waktu seminggu di Iran pada April tahun lalu terkait nuklir, ungkap menteri pertahahn kota Iran.

Ini adalah kali ketiga dalam kunjungan Korea Utara di tahun 2015, menurut laporan setempat. Ilmuwan senior Iran, Mohsen Fakhrizadeh juga turut mengunjungi Korea Utara dalam percobaan peluncuran Nuklir pada 2013 lalu, ungkap NCRI.

Walaupun serangkaian aksi percobaan nuklir Korea utara disanksikan PBB, Iran juga kerap membantah bila kerja sama dengan mereka bersifat perang dan berdalih untuk kepentingan sipil.

Namun kelompok oposisi menyangkal, dan menegaskan bila Iran memiliki niat terselubung.

Menanggapi ini, Juru bicara Departemen pertahanan Amerika Serikat, Jeff Rathke, beranggapan statemen NHCRI tidak akan menyurutkan niat kerja sama Iran dan Korut dalam pengembangan nuklir.

"Kita memang menkaji hal ini namun belum dapat mengawali langkah apapun terkait hal tersebut," ujarnya.

"Kita juga tidak dapat menuduh sesuatu yang belum dapat dipastikan kebenarannya," lanjutnya.

Menteri luar negeri Amerika Serikat, John Kerry, ditengarai akan bertemu Petinggi tentara Iran, Mohammad Javad Zarif terkait nuklir ini pada Sabtu besok di Jenewa, Swiss.

Dalam diskusinya nanti akan diperdalam seputar kesepakatan nuklir yang sebelumnya sudah diperbincangkan di Wina. Disepakati 30 Juni menjadit batas waktu kesepakatan terkait Nuklir tersebut. [ard]

Topik berita Terkait:
  1. Iran
  2. Korea Utara
  3. Nuklir
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini