Iran Berencana Seret Trump ke Pengadilan Internasional karena Membunuh Sulaimani

Selasa, 14 Januari 2020 14:59 Reporter : Pandasurya Wijaya
Iran Berencana Seret Trump ke Pengadilan Internasional karena Membunuh Sulaimani Pidato Donald Trump. theguardian.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Jaksa Agung Iran Ibrahim Raisi mengatakan pemerintahnya berencana membawa Presiden Amerika Serikat Donald Trump ke Pengadilan Internasional karena membunuh Panglima Garda Revolusi Qassim Sulaimani.

"Kita harus menjerat presiden Amerika sebagai terdakwa pertama. Dia harus didakwa dan diadili di hadapan dunia," ujar Raisi kemarin dalam rapat dengan para pejabat kehakiman, seperti dikutip kantor berita Fars dan dilansir laman Al Masdar, Selasa (14/1).

"Dalam pandangan kami, karena syahid Sulaimani adalah simbol perlawanan terhadap terorisme dan pembela kaum lemah, maka pembunuhannya melanggar semua hukum," kata Raisi.

1 dari 1 halaman

Pejabat kehakiman senior itu juga menyerukan kaum terpelajar menyampaikan protes mereka dan memperingatkan jika Iran tidak menuntut secara hukum atas kejahatan terhadap jenderalnya maka Iran tidak akan bisa menangani kasus hukum lainnya.

Menurut Raisi, Kementerian Luar Negeri dan Komite Hak Asasi akan mengajukan surat gugatan resmi ke organisasi internasional untuk menuntut Trump. Raisi juga menyebut rencana Iran menyeret Trump ke pengadilan ini tidak harus dilakukan saat dia masih menjabat saja, tapi juga ketika dia sudah tidak lagi menjadi presiden Amerika Serikat. [pan]

Baca juga:
Rudal Iran yang Ditembakkan ke Militer AS di Irak Pakai Teknologi Satelit Rusia
Kondisi Pangkalan Militer AS di Irak Usai Dirudal Iran
Ini yang Bakal Terjadi Jika Amerika Angkat Kaki dari Timur Tengah
Ada Israel di Balik Konflik Iran vs Amerika Serikat
Diam-diam Rusia Bantu Iran Serang Markas Amerika Serikat di Irak
Konflik Makin Panas, Iran Berencana Bombardir Empat Kedubes Amerika Serikat
Dari Informan di Bandara, Cerita Lengkap Operasi Pembunuhan Qassim Sulaimani

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini