Intelijen Barat Identifikasi Pemimpin Baru ISIS Pengganti Abu Bakar Al-Baghdadi

Selasa, 21 Januari 2020 16:08 Reporter : Hari Ariyanti
Intelijen Barat Identifikasi Pemimpin Baru ISIS Pengganti Abu Bakar Al-Baghdadi bendera isis. ©iraqinews

Merdeka.com - Badan intelijen telah mengidentifikasi pemimpin baru ISIS, pengganti Abu Bakar Al-Baghdadi yang tewas tahun lalu. Pengganti Baghdadi tersebut yaitu Amir Mohammed Abdul Rahman Al-Mawli Al-Salbi, berdasarkan laporan surat kabar Inggris, The Guardian pada Senin (20/1).

Koran itu, mengutip para pejabat dari dua biro mata-mata yang tidak disebutkan namanya, menggambarkan Al Mawli sebagai salah satu anggota pendiri kelompok teroris itu. Sosoknya juga diketahui memimpin perbudakan minoritas Yazidi di Irak. Al-Mawli juga disebut bertugas mengawasi operasi ISIS di seluruh dunia.

Seperti dikutip dari Alarabiya, Selasa (21/1), ISIS menyebut Abu Ibrahim Al-Hashimi Al-Quraishi sebagai pemimpin baru hanya beberapa hari setelah Baghdadi tewas dalam serangan pasukan khusus AS pada Oktober 2019. Namun sejumlah analis mengatakan ISIS tidak siap menerima pembunuhan Baghdadi dan identitas sebenarnya dari pemimpin baru masih belum pasti.

Guardian dalam laporannya menyatakan Al-Mawli dipilih beberapa jam setelah kematian Baghdadi dan sebenarnya Al-Quraishi tidak diakui oleh para pemimpin senior atau badan intelijen lainnya.

1 dari 1 halaman

Al-Mawli juga digambarkan sebagai seorang veteran yang sama kerasnya dengan Baghdadi, serta gigih dalam kesetiaannya terhadap kelompok ekstremis. Dia berasal dari keluarga Turkmenistan Irak di kota Tal Afar, dan merupakan salah satu dari sedikit orang non-Arab di antara kepemimpinan kelompok itu.

Menyandang gelar sarjana hukum Syariah dari Universitas Mosul, ia naik pangkat sebagian berkat latar belakangnya sebagai seorang sarjana Islam, tulis surat kabar itu.

Al-Mawli Al-Salbi mengeluarkan fatwa percobaan genosida Yazidi. Pada 2004 ia ditahan pasukan AS di penjara Camp Bucca di Irak selatan dimana dia bertemu Baghdadi, menurut laporan The Guardian. [pan]

Baca juga:
ISIS Belum Habis, Ini Daftar Negara yang Jadi Tempat Kebangkitannya
Mufti ISIS Berbobot 135 Kilogram Ditangkap di Irak, Diangkut Pakai Truk
Laporan PBB Sebut Banyak Anak-anak Suriah Jadi Korban Pemerkosaan dan Penyiksaan ISIS
ISIS Mulai Bangkit di Libya, Manfaatkan Pertikaian Pemberontak dan Pemerintah
Raja Yordan Peringatkan ISIS Bangkit Kembali di Timur Tengah
ISIS Puji AS Karena Bunuh Qassim Sulaimani dan Menyebutnya Sebagai 'Tindakan Tuhan'

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini