Ini suara warga Catalan yang menolak kemerdekaan Catalonia

Senin, 30 Oktober 2017 16:01 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Ini suara warga Catalan yang menolak kemerdekaan Catalonia Catalonia deklarasi kemerdekaan. ©2017 REUTERS/Yves Herman

Merdeka.com - Di tengah hiruk pikuk Catalonia yang mendeklarasikan memerdekakan dari Spanyol, masih ada sebagian warga Catalan yang tidak setuju dengan kemerdekaan tersebut.

Ratusan ribu penduduk Catalonia yang menentang kemerdekaan dari Spanyol kemarin turun ke jalan-jalan di Barcelona.

Banyak dari mereka yang mendukung agar Spanyol dan Catalonia bersatu berjanji memberikan suara dalam pemilihan 21 Desember, untuk Parlemen Catalan yang baru.

"Saya penduduk Catalan keturunan dari Andalusia dan Galicia. Saya tidak ingin Catalonia yang merdeka," kata salah satu pendemo, Sandra Gonzalez, 37 tahun, seperti dilansir New York Times, Minggu (29/10).

"Mereka mencoba menyangkal asal usul saya. Kita harus mempunyai referendum yang legal dan kedua pihak harus bekerja sama, bukan cuma Spanyol saja, atau Catalonia saja," kata dia.

Kelompok yang mendukung referendum Catalonia pada 1 Oktober lalu berhasil memenangkan suara warga yang menyatakan ingin merdeka dari Spanyol. Tapi 7,5 juta penduduk di sana menentang kemerdekaan dan abstain setelah Mahkamah Agung menganggap referendum tersebut tidak konstitusional.

Namun pada hari Jumat, pemerintah daerah yang dipimpin oleh Carles Puigdemont merespons hasil referendum dengan deklarasi kemerdekaan.

Kini Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy membubarkan pemerintah daerah, dan memecat Puigdemont dari jabatannya sebagai pemimpin Catalonia dan Spanyol mengambil alih semua pemerintahan di Catalonia.

Mereka yang bekerja sebagai pegawai pemerintah daerah akan tetap bekerja, meski perkiraan ada 150 orang yang terpaksa harus mengundurkan diri.

"Idenya adalah mempertahankan kontrol terbatas terhadap Catalonia, hanya agar kita bisa melaksanakan pemilihan 21 Desember," kata Carmen Martínez Castro, menteri komunikasi Spanyol. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini