Ini penipu terkaya sedunia, punya harta Rp 3,7 triliun

Kamis, 30 Oktober 2014 13:20 Reporter : Ardyan Mohamad
Zhang Jian (37 tahun), penipu terkaya sedunia. Baru saja dicokok polisi di Thailand. ©2014 Merdeka.com/The Star Online

Merdeka.com - Pria asal China berpforesi sebagai penipu baru saja dicokok kepolisian Thailand. Dia sudah jadi incaran otoritas hukum beberapa negara, termasuk Malaysia. Bahkan, di negaranya sendiri, lelaki bernama Song Miqui ini juga diburu.

Setelah dilacak kembali, Miqui hampir dipastikan penipu paling kaya sedunia. Kekayaan bersihnya senilai 1 miliar Ringgit, atau setara Rp 3,7 triliun, seperti dilansir Surat Kabar Thailand, The Nation, Kamis (30/10).

Lelaki 37 tahun ini bikin resah banyak orang karena menjalankan bisnis sejenis multilevel marketing (MLM), diberi nama YSLM. Program investasinya, seperti lazimnya paket sejenis, menawarkan cara cepat kaya bagi setiap anggota yang menyetor modal.

Padahal jelas-jelas kegiatan pengumpulan dana ini tidak berbasis pemasaran barang piramida, jadi murni aktivitas memutar uang (money game). Nyatanya, iming-iming bisa cepat kaya menyergap banyak orang di Malaysia dan China, lokasi kebanyakan korban Miqui.

Dan seperti cerita yang biasa muncul, sekian bulan setelah pembayaran imbal hasil lancar, uang dari YSLM perlahan seret dan bikin panik para investor. Data Kepolisian Diraja Malaysia, sudah ada 80 ribu warga mereka yang tertipu skema YSLM, dengan kerugian total 302 juta ringgit.

Di China, aksi tipu-tipu Miqui lebih sadis lagi. Dia berhasil mengibuli 100 ribu lebih orang berkat pengakuan kalau dia, mengaku bernama Zhang Jian, pengusaha sukses yang segera masuk daftar terkaya di dunia.

Miqui dan sobatnya, Wang Wenfang (29 tahun), bersama dua pria lain yang mengelola YLSM kabur ke Thailand sejak Juli 2014 lalu. Mereka ditangkap polisi Thailand di sebuah kondominium di daerah Pathumwan, dekat Pantai Phuket, Ibu Kota Bangkok.

"Polisi juga menyita uang tunai 5 juta baht dalam berbagai mata uang, sembilan surat hak milik tanah bernilai 200 juta baht, perhiasan emas bernilai 2,2 juta baht, tiga unit mobil dan kartu pengenal Thailand milik Lianbao," kata keterangan polisi.

Adapun, sebelum Miqui, penipu paling kaya di dunia adalah Bernard Madoff. Pengelola otoritas bursa saham NASDAQ di AS itu ternyata nyambi menawarkan paket investasi bodong. Dia sukses menipu ribuan orang kaya, dengan kerugian miliaran Dolar. Dua tahun lalu dia dihukum 150 tahun penj [ard]

Topik berita Terkait:
  1. Thailand
  2. Penipuan
  3. Malaysia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini