Ini foto pilot MH370 sebelum terbangkan pesawat

Senin, 17 Maret 2014 13:25 Reporter : Vincent Asido Panggabean
Ini foto pilot MH370 sebelum terbangkan pesawat Potongan gambar pilot MH370 sebelum terbang yang didapat dari sebuah video diunggah koran the Daily . thestar.com.my

Merdeka.com - Rekaman kamera pengawas (CCTV) yang memperlihatkan pilot dan pilot pendamping pesawat Malaysia Airlines MH370 tengah melakukan pemeriksaan keamanan di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) sebelum naik pesawat telah beredar di Internet.

Surat kabar asal inggris the Daily Mail mengunggah rekaman CCTV dari Kapten Zaharie Ahmad Shah dan perwira pertama Fariq Abdul Hamid di situs mereka, yang memperlihatkan keduanya sedang digeledah ketika mereka melewati pos pemeriksaan keamanan di gerbang keberangkatan KLIA, sebelum penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret lalu, seperti dilansir surat kabar the Star, Senin (17/3).

Koran the Daily Mail juga berspekulasi kata-kata diucapkan dalam komunikasi terakhir dari pesawat MH370 mencurigakan.

The Daily Mail menyatakan kata-kata yang biasanya digunakan untuk menunjukkan pilot selesai menerima laporan adalah 'Diterima dan keluar', dan bukannya 'Semua baik. Selamat malam'.

Koran berdiri pada 1896 itu juga mengatakan orang yang berbicara itu tidak menyebutkan masalah terhadap penerbangan.

Kenyataan ini, ditambah dengan fakta peralatan komunikasi pesawat tidak diaktifkan sebelum pertukaran mengambil tempat, menunjukkan adanya upaya untuk menyesatkan kontrol di menara pengawas, dan menambah kecurigaan seseorang yang tahu tentang kontrol pesawat terlibat dalam hilangnya MH370.

Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein kemarin mengatakan kepada media Sistem Pelaporan dan Komunikasi Pesawat (ACARS) milik MH370 dimatikan sebelum komunikasi terakhir dengan pesawat.

Namun, masih tidak diketahui suara siapa berada di radio itu.

Hishammuddin juga mengatakan penyelidikan sekarang berfokus pada sang pilot karena adanya pengungkapan ini. [fas]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini