Ini calon kuat presiden Amerika Serikat setelah Obama

Kamis, 18 Juni 2015 08:08 Reporter : Muhammad Radityo
Ini calon kuat presiden Amerika Serikat setelah Obama ben carson. ©Fox News

Merdeka.com - Persaingan kursi nomor satu di Amerika Serikat yang akan digelar pada 2016 mendatang turut mengundang berbagai opini dan survei publik.

Berbagai jajak pendapat menjagokan nama Marco Rubio Senator dari Partai Republik yang bersaing ketat dengan Hillary Clinton, mantan menteri luar negeri Amerika Serikat dari partai Demokrat.

Pada Selasa kemarin, (16/6), Adik mantan Presiden George W. Bush, Jeb Bush akhirnya turut mendeklarasikan keikutsertaannya dalam pilpres 2016.

Di sisi lain, Ben Carson menjadi satu-satunya warga kulit hitam yang mencalonkan diri sebagai salah satu kandidat Presiden AS 2016 dari partai republik.

Berikut, lima kandidat terkuat calon Presiden AS 2016 yang dirangkum merdeka.com

2 dari 6 halaman

Hillary Clinton

rev3Hillary Clinton. Reuters/Saul Loeb

Hillary Clinton, calon unggulan dari Partai Demokrat yang telah mendeklarasikan dirinya dalam ajang pilpres AS 2016 sejak April lalu telah mempersiapkan semuanya sedini mungkin. Dalam sebuah situs resmi miliknya, Hillary mengatakan dia siap menjadi pemenang.

"Setiap hari warga Amerika memerlukan pemenang, dan saya siap menjadi pemenangnya," katanya dalam video tersebut seperti dilansir dari The Guardian, Senin (13/4).

Tidak hanya itu, dalam akun Twitter pribadinya Hillary juga kerap menulis hal tersebut.

Diketahui, Hillary Clinton merupakan calon presiden wanita pertama Amerika Serikat. Wanita 67 tahun ini sangat berdedikasi di bidang politik. Dia juga adalah mantan menteri luar negeri.

3 dari 6 halaman

Jeb Bush

rev3jeb bush. ©huffington post

Setelah mendeklarasikan langkahnya untuk maju dalam pilpres AS 2016 Senin kemarin, (15/6), politikus partai Demokrat berusia 62 tahun, Jeb Bush, menilai dirinya siap dalam perebutan kursi nomor satu Negeri Paman Sam tersebut.

Jabatan itu memang bukan hal asing baginya, setelah sang kakak, George W. Bush dan juga sang ayah, George H.W. Bush pernah menjabat posisi sakral di negara adidaya tersebut.

Kiprahnya di pemerintahan juga tidak sembarangan, Jeb Bush pernah menjabat sebagai gubernur Florida selama dua periode penuh (1999-2007). [pan]

Baca juga:

4 dari 6 halaman

Marco Rubio

rev3marco rubio. ©Lapatilla.com

Calon kuat pesaing Hillary Clinton yang berasal dari partai Republik mengundang perhatian sejumlah elit politik. Dalam survei yang dilakukan oleh Quinnipiac University pada April silam, Marco Rubio mendulang prosentase cukup tinggi yaitu 43 persen dengan menempel ketat Hillary yang mendulang polling 45 persen.

Rubio merupakan calon unggulan dari partai Republik dibanding pesaing lainnya dalam partai yang sama.

5 dari 6 halaman

Bernie Sanders

rev3bernie sanders. ©thenation

Seorang kandidat dari partai Demokrat, Bernie Sanders, nampaknya juga mempunyai dukungan kuat dari publik AS di pilpres 2016 mendatang. Mengutip sebuah situs jajak pendapat, observer.com, Senin (15/6), yang ditulis oleh Brent Budowsky, sosok Sanders digambarkan sebagai seorang Demokrat yang mampu membawa arah demokratis.

Dalam opininya, Sanders dipercayai memiliki integritas, semangat, ketulusan dan prinsip yang progresif dalam setiap langkah kampanyenya.

Baca juga:

6 dari 6 halaman

Ben Carson

rev3ben carson. ©Fox News

Ben Carson menjadi kandidat satu-satunya dari warga kulit hitam yang berasal dari partai Republik. Dalam komentarnya yang dikutip CNN pada akhir tahun 2014 silam, Carson berkata bila Amerika butuh pemimpin yang yang dapat mengekspresikan pemikirannya dalam sebuah masalah.

Mengutip situs FOX40, Senin (15/6),  seorang relawan Carson menyebutkan dia adalah satu-satunya yang dapat mengalahkan popularitas Hillary dalam pilpres AS 2016 mendatang.

Baca juga:

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini