Inggris Teliti Apakah Anjing Bisa Deteksi Covid-19 Dengan Endus Bau Tubuh Manusia

Rabu, 20 Mei 2020 15:44 Reporter : Hari Ariyanti
Inggris Teliti Apakah Anjing Bisa Deteksi Covid-19 Dengan Endus Bau Tubuh Manusia anjing pelacak. shutterstock

Merdeka.com - Pemerintah Inggris mendukung sebuah percobaan penelitian dengan mendanai sebuah penelitian untuk membuktikan apakah anjing bisa mendeteksi virus corona pada manusia dari sampel bau tubuh.

Pakar pengendalian penyakit dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, berkolaborasi dengan Medical Detection Dogs, dan Universitas Durham, tengah meneliti sekelompok anjing yang mereka sebut "Super Six" dari jenis Labradors dan Cocker Spaniels.

Pemerintah Inggris mengumumkan pada Jumat, pihaknya menggelontorkan dana sekitar Rp 8 miliar untuk penelitian lebih lanjut.

"Jika berhasil, pendekatan ini bisa merevolusi bagaimana kita mendiagnosis virus, mengarah pada tes cepat orang dalam jumlah besar, yang bisa sangat berpengaruh dan membuat hidup kita bisa kembali normal," kata kepala penelitian, James Logan, dilansir dari Alarabiya, Rabu (20/5).

Para peneliti mengatakan, jika percobaan menghimpun cukup bukti yang menentukan keberhasilan penelitian, hal pertama yang akan dilakukan adalah mengerahkan anjing ke titik-titik pintu masuk utama Inggris dalam waktu enam bulan untuk membantu pengecekan penumpang yang datang dari luar negeri.

1 dari 1 halaman

Tim yang sama yang melakukan penelitian sebelumnya telah bekerja untuk membuktikan bahwa anjing dapat mendeteksi bau dari manusia yang terinfeksi malaria dengan akurasi yang sangat tinggi.

"Pekerjaan kami sebelumnya telah menunjukkan bahwa malaria memiliki bau yang khas, dan dengan Medical Detection Dogs, kami berhasil melatih anjing untuk mendeteksi malaria secara akurat. Hal ini, dikombinasikan dengan pengetahuan bahwa penyakit pernapasan dapat mengubah bau tubuh, membuat kami berharap bahwa anjing juga dapat mendeteksi Covid-19," pungkas Logan. [pan]

Baca juga:
Ilmuwan di China Percaya Obat Baru Bisa Hentikan Pandemi Tanpa Vaksin
Video Percobaan di Jepang Buktikan Betapa Cepatnya Virus Bisa Menyebar di Restoran
Sengaja Abaikan Protokol Kesehatan, Presiden Brasil Foto Bareng Bocah Saat Unjuk Rasa
Hasil Penelitian: Antibodi SARS Bisa Cegah Infeksi Covid-19
Xi Jinping Dukung Penyelidikan Virus Corona Tapi Harus Tunggu Pandemi Berakhir
Inggris Akan Produksi 30 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Hingga September

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini