India Larang 118 Aplikasi China, Termasuk Game PUBG

Kamis, 3 September 2020 16:36 Reporter : Merdeka
India Larang 118 Aplikasi China, Termasuk Game PUBG PUBG Mobile. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - India telah memblokir 118 aplikasi China dengan alasan risiko keamanan nasional. Hal ini terjadi karena meningkatnya ketegangan geopolitik antara kedua negara.

Game populer seperti PUBG Mobile dari perusahaan Tencent dan Net esase termasuk yang diblokir. Selain itu aplikasi besar yang dibuat oleh negara China seperti Baidu dan afiliasi Alibaba, Ant Group juga diblokir.

Menteri Komunikasi dan Informatika India mengatakan “akibat ancaman yang muncul” kami telah “memutuskan untuk memblokir 118 aplikasi … karena informasi yang tersedia, mereka dapat terlibat dalam kegiatan yang merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan negara dan ketertiban umum. "

Pemerintah India mengatakan telah "menerima banyak keluhan dari berbagai sumber" termasuk laporan tentang "penyalahgunaan beberapa aplikasi seluler yang tersedia di platform Android dan iOS bertujuan untuk mencuri dan secara diam-diam mentransmisikan data pengguna dengan cara yang tidak sah ke server yang memiliki lokasi di luar India".

2 dari 2 halaman

Menteri India mengatakan bahwa aktivitas ini membahayakan keamanan nasional.

“Atas dasar ini dan setelah menerima masukan yang dipercaya baru-baru ini, aplikasi yang disebutkan di atas menimbulkan kekhawatiran yang serius dan bisa mengumpulkan data secara diam-diam dan dapat membahayakan data pribadi dan informasi pengguna. Hal ini dapat menimbulkan ancaman serius bagi keamanan Negara," kata Kementerian Komunikasi dan Informatika India, seperti dikutip dari Laman CNBC, Rabu (2/9).

Ant Group dan Baidu menolak berkomentar saat dihubungi oleh CNBC. Begitu juga dengan Alibaba, Tencent dan NetEase tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Pemblokiran aplikasi ini terjadi saat ketegangan meningkat antara China dan India atas sengketa perbatasan di pegunungan Himalaya di wilayah Ladakh. Pada Juni lalu, perkelahian antar kedua negara menewaskan 20 tentara India.

Reporter Magang: Farhan Hafizhan [pan]

Baca juga:
China Klaim Tak Ada Tentara India Tewas Dalam Bentrokan di Perbatasan
Anggota Pasukan Khusus India Tewas Dalam Perkelahian di Perbatasan China
Pascabentrokan dengan China, India Kini Perkuat Pasukan Penjaga Perbatasan Himalaya
Pabrik Apple di India Ditutup Karena Ketegangan Dengan Tiongkok
India-China Memanas, Narendra Modi Tinjau Pasukan Militer di Perbatasan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini