India kerahkan polwan bermotor buat hadapi pelaku pemerkosaan massal

Kamis, 23 November 2017 12:46 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
India kerahkan polwan bermotor buat hadapi pelaku pemerkosaan massal polisi wanita india. ©AFP

Merdeka.com - Polisi New Delhi, India, akan mengerahkan jajaran petugas pengendara motor wanita di jalanan untuk melindungi para wanita dari pemerkosaan massal. India dikenal memiliki banyak kasus kekerasan seksual dan pemerkosaan massal.

Pasukan patroli ini disebut Raftaar. Para perwira wanita terlatih dengan 600 sepeda motor akan mulai disebar Desember nanti. Pasukan sepeda motor ini masing-masing akan terdiri dari dua polwan.

Hindustan Times melaporkan, para polwan itu juga akan mengenakan kamera di tubuh, memakai helm membawa semprotan merica, dan senjata kejut.

Di beberapa kawasan, ada gang-gang sempit yang tidak bisa dilalui mobil polisi jika ada panggilan darurat. Gang-gang sempit ini sangat mudah bagi pelaku pelecehan seksual melakukan aksinya.

Juru bicara Polisi Delhi Dependra Pathak mengatakan petugas patroli sepeda motor akan berpatroli di jalur sempit, dan akan bertindak sebagai pertolongan pertama dalam keadaan darurat.

Nantinya, pasukan patroli wanita ini akan muncul di daerah yang banyak dikunjungi wanita, seperti universitas atau tempat-tempat umum lainnya.

Pasukan patroli akan membawa perangkat GPS, dan akan terhubung dengan pusat kontrol polisi pusat dan daerah.

"Gerakan mereka akan dipantau. Dan pengendara akan diberi peringatan jika melampaui rute yang ditunjuk atau wilayah kewenangan," kata Pathak, seperti dilansir dari Russia Today, Kamis (23/11).

Terobosan ini diciptakan sebagai perbaikan kerja polisi India. Sebelumnya polisi dikritik karena gagal menangani kejahatan di jalanan. Beberapa kejahatan yang sering terjadi seperti pemerkosaan dan pemerkosaan massal.

Menurut polisi, di New Delhi telah terjadi 1.894 kasus pemerkosaan tahun ini, meningkat hampir tiga kali lipat dari 706 kasus di tahun 2012. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini