India Catat Angka Kematian Covid Tertinggi di Dunia, Lebih dari 6.000 dalam Sehari

Kamis, 10 Juni 2021 20:01 Reporter : Hari Ariyanti
India Catat Angka Kematian Covid Tertinggi di Dunia, Lebih dari 6.000 dalam Sehari warga india antre obat covid-19. ©Reuters/Adnan Abidi

Merdeka.com - Pada Kamis, India melaporkan angka kematian tertinggi karena Covid-19 di dunia yaitu 6.148 dalam sehari. Angka ini meningkat setelah negara bagian di India timur merevisi datanya terkait jumlah warga yang meninggal karena penyakit ini di rumah maupun di rumah sakit swasta.

Departemen Kesehatan Bihar, salah satu negara termiskin di India, merevisi angka total kematian karena Covid-19 pada Rabu menjadi lebih dari 9.400 kasus dari sekitar 5.400.

Total muatan kasus Covid-19 India saat ini berada di angka 29,2 juta setelah melonjak sampai 94.052 kasus dalam 24 jam terakhir. Sementara total kasus kematian sampai saat ini tercatat 359.676, menurut data dari Kementerian Kesehatan, dikutip dari Al Arabiya, Kamis (10/6).

Perdana Menteri India, Narendra Modi mengumumkan vaksin gratis untuk semua orang dewasa. Dalam pidato nasionalnya sepanjang setengah jam yang disiarkan televisi nasional, Modi menyampaikan semua orang India berusia di atas 18 tahun akan divaksinasi secara gratis mulai 21 Juni.

Modi juga berjanji mempercepat proses vaksinasi. Pemerintahannya juga akan mendistribusikan vaksin untuk negara bagian, mengubah kebijakan sebelumnya yang meminta negara bagian berlomba-lomba untuk mendapatkan pasokan vaksin untuk kategori usia tertentu. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini