Ilmuwan Pencipta Vaksin Covid-19 Harap Kehidupan Normal Kembali Tahun Depan

Senin, 16 November 2020 17:23 Reporter : Hari Ariyanti
Ilmuwan Pencipta Vaksin Covid-19 Harap Kehidupan Normal Kembali Tahun Depan wabah corona di india. ©Reuters

Merdeka.com - Jika vaksinasi virus corona diluncurkan secara luas, kehidupan dapat kembali "normal" pada musim dingin mendatang. Demikian disampaikan salah satu ilmuwan yang mengembangkan vaksin virus corona kemarin.

Ugur Sahin, salah satu pendiri perusahaan Jerman BioNTech mengatakan kepada The Andrew Marr Show BBC, "musim dingin ini akan berat", tanpa dampak besar dari vaksinasi.

Bersama dengan perusahaan farmasi raksasa AS, Pfizer, BioNTech sedang mengembangkan kandidat vaksin. Israel telah memesan jutaan unit vaksin, berharap pengiriman pertama akan tiba di negara itu pada Januari.

"Jika semua berjalan lancar, kami akan mulai mengirimkan vaksin pada akhir tahun ini, atau awal tahun depan," jelas Sahin, dikutip dari Times of Israel, Senin (16/11).

"Target kami adalah memberikan lebih dari 300 juta dosis pada April tahun depan, yang sudah dapat berdampak," lanjutnya.

Sahin memperkirakan, tingkat infeksi akan turun di musim panas. Dia juga mengatakan vaksinasi sangat penting dilakukan pada musim gugur.

Dia mengatakan, sejumlah perusahaan yang mengembangkan vaksin sedang berupaya meningkatkan pasokan.

"Jadi, kami bisa mengalami musim dingin normal (tahun) berikutnya," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Sahin dan istrinya Ozlem Tureci...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini