Ilmuwan Pecahkan Misteri Mengapa Kuburan Berisi Mumi Orang Yunani Ditemukan di Mesir

Senin, 5 Desember 2022 14:25 Reporter : Hari Ariyanti
Ilmuwan Pecahkan Misteri Mengapa Kuburan Berisi Mumi Orang Yunani Ditemukan di Mesir Mumi orang Yunani yang ditemukan di Aswan, Mesir. ©Egyptian-Italian Mission

Merdeka.com - Mumi orang Yunani baru-baru ini ditemukan di sebuah kompleks pemakaman di Aswan, Mesir. Ini merupakan temuan yang tidak biasa dan para arkeolog menemukan plakat baja bertuliskan nama jasad pria tersebut yaitu Nikostratos dalam aksara Yunani.

Menurut laporan Universitas Milan pada Senin lalu, mumi ini ditemukan saat penggalian yang dilakukan Misi Mesir-Italia di Aswan Barat, daerah tempat makam Aga Khan berada.

Menurut para arkeolog, kuburan tersebut sangat luas, yang merupakan bagian dari kompleks makam Aga Khan. Sebelumnya kuburan tersebut tidak dikenali oleh para sejarawan, dikutip dari laman Greek Reporter, Senin (5/12).

Tim gabungan dari Italia dan Mesir bekerja sejak 2019 di daerah sekitar makam Aga Khan, di mana terdampak lebih dari 300 kuburan berasal dari abad keenam Sebelum Masehi sampai abad keempat Masehi.

Ini mencakup era Ptolemeus dalam sejarah Mesir, ketika para bangsawan Mesir menikah dengan Ptolemeus Yunani, para penguasa yang mengambil alih sebagian tanah taklukan Alexander Agung.

Para arkeolog menemukan mumi pria Yunani itu berdekatan dengan dinding timur bangunan tersebut. Plakat bertuliskan "Nikostratos" ditemukan di dekat jasad tersebut. Mereka percaya mumi awalnya berada di makam yang ditemukan setelahnya, di bawah struktur persegi panjang dan kemudian dibawa keluar oleh para penjarah di zaman kuno.

Dalam kuburan tersebut juga ditemukan tulang belulang hewan (sebagian besar domba), juga pecahan gerabah, wadah persembahan dan lempengan bertuliskan huruf hieroglif yang menutupi tembok timur bangunan.

Para arkeolog menyatakan ini adalah struktur pertama dari jenisnya yang ditemukan di kompleks makam Aga Khan.

Baca juga:
Penemuan Mural Kuno Berusia 1.000 Tahun di Peru
Peneliti Temukan Mainan Kuno Berusia 5.000 Tahun di Iberia
Kota Yunani Kuno Muncul dari Bawah Permukaan Air di Turkiye, Simpan Karya Aristoteles
Kepingan Dewi Mesir dan Jimat Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Spanyol
Ilmuwan Pecahkan Misteri Kalimat Berusia 1.400 Tahun di Dinding Makam, Begini Isinya
Harta Karun Zaman Viking Ditemukan di Norwegia, Ada Koin Arab dan Gelang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini