Homoseksual dalam metal

Minggu, 25 Agustus 2013 14:31 Reporter : Ardini Maharani
Homoseksual dalam metal Rob Halford. ©blogspot.com

Merdeka.com - Musik metal identik dengan segala hal berbau maskulinitas, seks, narkotika, dan perempuan. Namun ternyata musik dan cinta tidak mengenal jenis kelamin. Penyanyi metal salah satu paling berpengaruh ini mengaku homoseksual. Hari ini penggemarnya sejagat memperingati ulang tahun dia.

Bagi penggemar metal, siapa tidak kenal Robert John Arthur Halford berkebangsaan Inggris, akrab disebut Rob. Dia mantan vokalis band metal paling berpengaruh Judas Priest. Dilansir dari Biography (2007), Rob berpenampilan sangar, bertato, berbusana serba kulit dengan pelbagai aksesoris khas metal. Suaranya seperti singa dengan kelengkingan tajam dan disebut-sebut vokalis band metal terbaik sejagat.

Rob lahir 62 tahun lalu mulai mengaku diri gay sejak 1998. Sebenarnya para personil Judas Priest lain sudah melihat tanda-tanda lelaki ini berbeda dari kebanyakan musisi metal. "Jika kami terlihat sembarangan, Rob lebih lama berdandan dan dia sangat memperhatikan gaya panggung," ujar Glenn Tipton, gitaris Judas Priest.

Sebelum berani mengakui homoseksualitasnya Rob mengalami depresi berat dan terisolasi dari kalangan metal yang membuat dia akhirnya lari menjadi pecandu alkohol dan narkotika. Namun perhatian keluarga dan rekan-rekannya di Judas Priest membuatnya bangkit dan menjadi musisi tersohor di kalangan metal. Meski tidak lagi memperkuat Judas Priest dia masih suka bersilaturahmi dengan sesama anggota band lain.

Rob mematahkan mitos metal tidak menerima homoseksual. Semua penggemarnya dan anggota band tidak pernah mempermasalahkan jika dirinya pecinta sesama jenis. Justru dia mengaku lega dan ternyata tidak salah pilih dalam bermusik. "Metal aliran musik paling toleran," ujarnya.

Dia juga aktif menulis lagu untuk Judas Priest dan beberapa band metal lain.

Di tangan Rob metal bukan hanya musik cadas namun juga berkawin dengan gaya busana sedang digemari. Dia tidak canggung memakai celana ketat atau kaos motif bunga-bunga, namun lebih banyak kostum dari kulit dengan akses stud (semacam paku) banyak disukai anak metal.

Rob mematahkan mitos metal tidak menerima homoseksual. Semua penggemarnya dan anggota band tidak pernah mempermasalahkan. Dia kini mengaku lebih tenang menjalani hidup bersama pasangannya bernama Rolf Harris. Mereka sudah hidup bareng seperempat abad.

Ingin lihat sangarnya Rob Halford dalam bermetal? Simak video berikut ini.

[din]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Inggris
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini