Hidup Berdampingan dengan Orang Mati

Minggu, 4 April 2021 15:07 Reporter : Merdeka
Hidup Berdampingan dengan Orang Mati Warga miskin Venezuela tinggal di kuburan. ©Pedro Rances Mattey/AFP

Merdeka.com - Tak ada tempat lagi bagi warga miskin dan tunawisma di Venezuela. Jika ingin menemui mereka, datang saja ke sebuah komplek pemakaman di Caracas.

Tempat itu menjadi rumah bagi banyak tunawisma. Mereka harus rela hidup berdampingan dengan orang mati. Karena tak lagi memiliki tempat tinggal yang layak huni.

warga miskin venezuela tinggal di kuburan
©Pedro Rances Mattey/AFP

Dilansir dari foto AFP, mereka membangun gubuk ala kadarnya. Untuk melindungi diri dari panas dan hujan. Gubuk itu berdiri di sisi pusara pemakaman. Bahkan, ada juga yang berdiri di atas pusara makam.

Gubuk-gubuk itu dihuni keluarga miskin. Kondisinya tidak layak. Seperti kondisi pemakaman yang juga terlihat terbengkalai. Bahkan ada tengkorak kepala manusia.

warga miskin venezuela tinggal di kuburan
©Pedro Rances Mattey/AFP

Anak-anak bermain di sekitar pemakaman. Mereka hidup berdampingan dengan orang yang sudah mati. Untuk diketahui, krisis yang terjadi di Venezuela beberapa tahun terakhir telah membuat anak-anak Venezuela harus hidup tanpa Orang Tua.

Menurut LSM Cecodap, sekitar 850.000 anak-anak Venezuela hidup tanpa orang tuanya. Para orang tua memilih bermigrasi untuk memenuhi kebutuhan anak-anaknya yang ditinggalkan.

Data 2019, sebanyak 4 juta warga Venezuela memilih meninggalkan negara mereka yang dilanda krisis ekonomi. Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sekitar 700.000 orang meninggalkan Venezuela dari akhir 2015 hingga kini.

warga miskin venezuela tinggal di kuburan
©Pedro Rances Mattey/AFP [noe]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini