Harta karun terbesar sejagat sah milik Spanyol

Senin, 20 Februari 2012 13:11 Reporter : Ardyan Mohamad
Harta karun terbesar sejagat sah milik Spanyol

Merdeka.com - Pemerintah Spanyol yang sedang terbelit krisis ekonomi sedikit tersenyum lebar pekan ini setelah memenangkan klaim kepemilikan harta karun terbesar sepanjang sejarah. Pengadilan Tinggi Negara Bagian Florida, Amerika Serikat, memutuskan  17 ton koin emas dan perak dari sebuah kapal yang karam pada abad ke-19 sah milik Negeri Matador itu, seperti dilaporkan Al-Jazeera, Sabtu (18/2) lalu.

Harta yang nilainya mampu menggaji 2,6 juta pekerja di seantero Benua Biru selama setahun itu ditemukan dari bangkai kapal inggris bernama "Our Lady of Mercy" yang saat itu disewa Kerajaan Spanyol. Kapal itu tenggelam pada 1804 dalam pelayaran dari Peru ke Spanyol karena dihantam badai.

Kapal itu ditemukan lima tahun lalu di Kota Tampa, Amerika. Masalah muncul lantaran penemu bangkai kapal itu adalah tim eksplorasi dasar laut "Odyssey" asal Florida. Tim penemu ingin harta itu dikonservasi saja.Pengadilan lantas mengumumkan harta itu harus diserahkan ke Pemerintah Spanyol paling lambat 24 Februari mendatang.  

Namun, Spanyol agaknya belum boleh bersukacita. Pengacara tim konservasi Melinda MacConnel mengingatkan adanya dampak buruk bagi Spanyol setelah kemenangan mereka atas kepemilikan harta karun itu.

Menurut MacConnel, di masa mendatang kecil kemungkinan pihak lain yang mendapatkan harta karun melapor ke otoritas setempat. "Wajar bila di masa depan harta dari kapal Spanyol akan disembunyikan atau malah dijual lewat Internet," kata MacConnel memprediksi.

Terlepas dari kerugian di masa depan, dana sebesar itu akan membantu perekonomian Spanyol. Tingkat pengangguran negara itu tahun lalu 31,2 persen, tertinggi di Eropa. Dana itu bisa digunakan untuk investasi dan membuka lapangan kerja baru.

  [fas]

Topik berita Terkait:
  1. Harta Karun
  2. Spanyol
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini