Harganya Murah, Obat Steroid Deksametason Bisa Selamatkan 1 Dari 8 Pasien Covid-19

Rabu, 17 Juni 2020 19:51 Reporter : Hari Ariyanti
Harganya Murah, Obat Steroid Deksametason Bisa Selamatkan 1 Dari 8 Pasien Covid-19 Pasien Corona. ©2020 Photo

Merdeka.com - Deksametason steroid dapat menyelamatkan satu nyawa dari setiap delapan pasien Covid-19 yang diobati. Biaya perawatan juga tergolong murah, di mana seluruh perawatan hanya menelan biaya sekitar USD 50 dolar atau sekitar Rp 700.000.

Demikian disampaikan salah satu ketua penelitian Universitas Oxford saat pemaparan pers pemerintah Inggris pada Selasa.

“Obat itu sendiri sangat banyak tersedia. Itu ada di hampir setiap rak farmasi di setiap rumah sakit, tersedia di seluruh dunia dan sangat murah," jelas Peter Hornby, profesor Penyakit Menular dan Kesehatan Global Universitas Oxford, dikutip dari CNN, Rabu (17/6).

“Jika kami merawat delapan pasien dalam perawatan intensif dengan obat ini, kami akan menyelamatkan satu nyawa. Dan total biaya untuk merawat delapan pasien hanya sekitar 40 pound (Inggris) - jadi ini benar-benar luar biasa dan kami sangat senang dengan hasil ini," lanjut Hornby, yang berdiri di samping Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson.

Hornby mengatakan, ketika obat diberikan kepada pasien Covid-19 yang dipasangi ventilator atau alat bantu pernapasan selama sepuluh hari, dapat mengurangi risiko kematian sekitar 35 persen.

1 dari 1 halaman

Dia mengatakan, deksametason dianggap sebagai obat lama. Banyak juga yang menyebut obat tersebut membosankan, namun menurutnya obat itu memiliki efek berbeda pada kelompok yang berbeda.

“Pada pasien Covid-19 berventilasi (menggunakan alat bantu pernapasan) yang diberikan obat deksametason - sampai 10 hari pengobatan dengan tablet atau injeksi - mengurangi risiko kematian sekitar 35 persen. Pada pasien di bangsal yang membutuhkan oksigen dan terinfeksi Covid, itu mengurangi risiko kematian sekitar 20 persen. Itu mencakup sekitar 75 persen pasien di rumah sakit yang akan menerima manfaat karena menggunakan obat ini," jelasnya. [pan]

Baca juga:
Unair Klaim Temukan 5 Kombinasi Obat yang Eefektif Atasi COVID-19, Ketahui Faktanya
Saat Vaksin Covid-19 Belum Ditemukan, Perusahaan Farmasi Kekurangan Botol Kaca
Unair dan BIN Temukan 5 Kombinasi Obat Penanganan Covid-19
Diujicoba ke Monyet Terinfeksi Covid-19, Obat Remdesivir Cegah Kerusakan Paru-Paru
Setelah Studi Italia, Penelitian India Sebut Tidak Semua Strain Coronavirus Mematikan
Korsel Setujui Penggunaan Obat Remdesivir untuk Pasien Covid-19
Penyintas Covid-19 Boleh Donor Plasma Konvalesen Hingga Tiga Kali

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini