Hampir seratus ribu orang tewas dalam perang saudara di Suriah

Kamis, 13 Juni 2013 17:24 Reporter : Vincent Asido Panggabean
Hampir seratus ribu orang tewas dalam perang saudara di Suriah Konflik Suriah. ©Reuters

Merdeka.com - Menurut laporan terbaru dikeluarkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setidaknya 93 ribu orang terbunuh di Suriah sejak dimulainya konflik yang mengguncang negara itu sejak Maret 2011.

Situs bbc.co.uk melaporkan, Kamis (13/6), angka ini turut mewakili kenaikan tajam jumlah korban tewas sebanyak lebih dari 30 ribu orang sejak PBB mengeluarkan angka laporan terakhir pada Januari lalu.

PBB juga menyatakan setidaknya lima ribu orang tewas di Suriah setiap bulannya sejak akhir Juli.Namun, dikatakan bahwa statistik ini belum sepenuhnya tepat karena dipercaya masih banyak angka kematian yang tidak dilaporkan.

Lebih dari 80 persen dari mereka yang tewas adalah laki-laki. Tetapi PBB juga menyatakan pihaknya telah mendapatkan fakta bahwa lebih dari 1.700 korban meninggal itu di antaranya adalah anak-anak di bawah usia sepuluh tahun.

"Ada kasus di mana anak-anak disiksa dan dieksekusi. Lalu seluruh keluarga, termasuk di antaranya bayi, dibantai. Ini menjadi pengingat betapa kejam dan mengerikannya perang saudara yang terjadi," kata Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Navi Pillay. [fas]

Topik berita Terkait:
  1. Suriah
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini