KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Haiyan bergerak ke Vietnam

Senin, 11 November 2013 12:09 Reporter : Ardini Maharani
Topan Haiyan terjang Filipina. ©REUTERS/Zander Casas

Merdeka.com - Badan Pengawas Topan Joint (JTWC) di Amerika Serikat melansir Topan Haiyan menghantam Filipina sepekan kemarin kini mulai merangsek ke sebelah timur Ibu Kota Hanoi, Vietnam.

Kantor berita Reuters melaporkan, Senin (11/11), kekuatan angin itu sudah mulai melemah dibandingkan saat meluluhlantakkan Filipina, hanya sekitar 160 kilometer per jam setelah sebelumnya mencapai 380 kilometer per jam.

Lebih dari 600 ribu warga Vietnam telah dievakuasi sejak kemarin namun warga Hanoi diminta bertahan. Hanya mereka bertempat di pesisir pantai yang diserukan mencari tempat perlindungan.

"Kami telah mengevakuasi lebih dari 174 ribu kepala keluarga setara dengan 600 ribu orang," sebuah laporan resmi dari departemen pengawasan bencana Vietnam melansir.

Para pengungsi diwajibkan membawa makanan untuk tiga hari ke depan. Mereka tidak mau mengungsi bakal dipaksa. Semua perahu nelayan tidak ada yang melaut.

Topan ini telah melumpuhkan Filipina selama pekan lalu. Diperkirakan 10 ribu orang tewas dan ratusan ribu mengungsi. [din]

Topik berita Terkait:
  1. Filipina
  2. Vietnam
  3. Topan Haiyan

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.