Gua Tham Luang di Thailand Kembali Dibuka Untuk Wisatawan

Sabtu, 2 November 2019 15:05 Reporter : Hari Ariyanti
Gua Tham Luang di Thailand Kembali Dibuka Untuk Wisatawan Gua Tham Luang. ©Thai Navy Seal/Handout via REUTERS

Merdeka.com - Gua Tham Luang di Thailand dibuka kembali untuk wisatawan untuk pertama kalinya sejak upaya penyelamatan 12 remaja dan pelatih sepakbola mereka tahun lalu. Sebanyak 2 ribu pengunjung mendatangi gua tersebut pada Jumat (1/11), berharap menjadi orang pertama yang masuk ke dalam, berdasarkan laporan Bangkok Post.

Tim Wild Boars menarik perhatian dunia ketika mereka terjebak dalam gua yang dibanjiri air selama 17 hari. Mereka akhirnya diselamatkan dalam upaya penyelamatan internasional melibatkan 90 penyelam.

Gua yang berlokasi di Provinsi Chiang Rai, Thailand utara itu secara resmi dibuka untuk wisatawan dalam sebuah acara pembukaan resmi pada Jumat kemarin. Demikian dilansir dari BBC, Sabtu (2/11).

Deputi Direktur Jenderal Taman Nasional, Margasatwa dan Konservasi Tumbuhan, Jongklai Worapongsathork, meresmikan acara pembukaan yang juga dihadiri biksu, pejabat pemerintah, dan pasukan penjaga hutan.

Pejabat mengizinkan 20 orang mengunjungi ruang pertama gua untuk pertama kalinya, yang sekarang akan terbuka untuk pengunjung dari pukul 08.30 hingga 16.30 waktu setempat. Lebih dari 1 juta pengunjung mendatangi gua tersebut tahun lalu namun tak diizinkan masuk ke dalam gua.

Tim Wild Boars yang berusia 11 dan 16 tahun serta pelatih berusia 25 tahun terjebak pada 23 Juni 2018 saat mengunjungi kompleks gua, ketika hujan membanjiri area gua.
Para ahli dari berbagai negara secara sukarela membantu upaya penyelamatan selama 17 hari tersebut. [pan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini