Gua tempat bocah Thailand terjebak bakal dijadikan museum hidup

Kamis, 12 Juli 2018 15:43 Reporter : Ira Astiana
Gua tempat bocah Thailand terjebak bakal dijadikan museum hidup tim sepak bola remaja thailand hilang dalam gua. ©Facebook

Merdeka.com - Insiden terjebaknya 12 tim sepak bola remaja Thailand dan sang pelatih selama dua pekan di sebuah gua meninggalkan kenangan yang mendalam. Meski kini mereka semua sudah dibebaskan, banyak orang yang ingin mengabadikan momen itu agar tetap diingat.

Setelah sineas Hollywood berniat mengangkat kisah mereka ke layar lebar, kini pemerintah setempat berniat membangun museum di atas kompleks gua tempat ke-13 orang itu terperangkap.

Museum itu akan memamerkan bagaimana proses operasi penyelamatan berlangsung. Diharapkan tempat itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi industri pariwisata Thailand.

"Daerah itu akan dijadikan museum hidup, dan menunjukkan bagaimana proses penyelamatan dilakukan," kata mantan gubernur dan kepala misi penyelamatan, Narongsak Osottanakorn, dikutip dari BBC, Kamis (12/7).

"Basis data yang interaktif akan disiapkan. Ini akan menjadi daya tarik utama bagi Thailand," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, gua tempat ke-13 orang terjebak itu bernama Tham Luang. Tempat tersebut merupakan gua terbesar di Thailand.

Terletak di bawah pegunungan di sekitar kota kecil Mae Sai, Provinsi Chiang Rai utara yang berbatasan Myanmar, wilayah ini bisa dibilang belum berkembang meski memiliki potensi. Faslitas pariwisata di daerah tersebut juga masih terbatas.

Oleh karena itu, demi mewujudkan pembangunan museum hidup, maka pemerintah harus melakukan berbagai pencegahan baik di dalam maupun di luar gua untuk melindungi wisatawan.

Tidak dijelaskan apakah museum tersebut nantinya akan beroperasi sepanjang tahun, mengingat daerah tersebut rawan banjir besar selama musim hujan bulan Juni hingga Oktober. [frh]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini