Greta Thunberg Tolak Hadiah Uang dan Penghargaan Lingkungan Hidup

Rabu, 30 Oktober 2019 19:04 Reporter : Hari Ariyanti
Greta Thunberg Tolak Hadiah Uang dan Penghargaan Lingkungan Hidup Aksi Greta Thunberg di Washington. ©2019 AFP Photo/Alastair Pike

Merdeka.com - Aktivis perubahan iklim, Greta Thunberg menolak penghargaan lingkungan hidup dan hadiah uang yang diberikan Dewan Nordik. Bagi remaja 16 tahun asal Swedia itu, gerakan perubahan iklim tak butuh sejumlah penghargaan.

Namun demikian dia tetap berterima kasih kepada Dewan Nordik karena telah menawarkannya penghargaan tersebut dan dia mengatakan hal itu merupakan kehormatan besar. Demikian dilansir dari BBC, Rabu (30/10).

"Politikus dan orang yang berkuasa perlu mendengar hasil penelitian sains terbaru," ujarnya.

Greta juga dicalonkan menjadi kandidat peraih Nobel Perdamaian 2019 namun penghargaan tersebut jatuh pada Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed. Melalui unggahan di Instagramnya, Greta menjelaskan keputusannya tak menerima penghargaan tersebut.

"Negara-negara Nordik memiliki reputasi baik di seluruh dunia ketika berbicara soal isu perubahan iklim dan lingkungan," ujarnya.

Namun demikian dia mengatakan konsumsi energi dari negara-negara Nordik cukup besar. Referensinya adalah laporan WWF dan Global Footprint Network, yang menyebut Swedia bersama negara Nordik lainnya, menjalankan hidup seolah-olah dunia memiliki sumber daya dari empat planet.

"Kami berasal dari negara-negara yang memiliki kemungkinan berbuat hal besar. Namun pada dasarnya negara kami tidak melakukan apa-apa," ujarnya. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini