Gereja Katolik bela Manny Pacquiao, tak perlu minta maaf soal LGBT

Senin, 22 Februari 2016 07:14 Reporter : Ardyan Mohamad
Gereja Katolik bela Manny Pacquiao, tak perlu minta maaf soal LGBT Manny Pacquaio. ©2016 Merdeka.com/Getty Images/Jamie Squire

Merdeka.com - Gereja Katolik Filipina membela petinja Manny Pacquiao yang dikecam setelah menyatakan kalangan Lesbian, Biseksual, Gay, dan Transeksual (LGBT) lebih rendah dari binatang. Gereja menilai apa yang disampaikan petinju berjuluk 'Pacman' itu tak salah.

Romo Jerome Secillano, Sekretaris Eksekutif Keuskupan Agung Filipina, menilai Manny hanya mengungkapkan pandangannya mewakili mayoritas penduduk negaranya yang menganut Katolik Roma.

"Ucapan (Manny) sekadar mengikuti apa yang tercantum di Injil. Jadi kita juga tidak bisa memprotes apa yang sudah disebut dalam kitab suci," kata Secillano seperti dilansir Kantor Berita AFP, Minggu (21/2).

Dalam pandangan Romo Secillano apa yang dialami 'Pacman' pekan lalu kurang adil. Dia dikecam seakan-akan membenci LGBT. Tak cuma itu, kontrak iklan oleh Nike juga langsung dibatalkan akibat ucapan Manny.

"Memang mungkin Manny sebaiknya menggunakan kata-kata yang lebih santun. Posisi gereja menghormati gaya hidup seseorang, kendati itu tak sesuai dengan nilai yang kami anut," imbuh romo.

Di Filipina, 80 persen penduduk menganut Katolik Roma. Gereja menentang ide pernikahan sejenis.

Pacquiao yang berencana maju sebagai calon anggota Senat Filipina mewakili Provinsi Sarangani, mengikuti program bincang-bincang di TV5. Di tengah acara, dia dimintai pendapat mengenai legalisasi pernikahan sejenis.

"Itu masalah akal sehat saja. Silakan lihat alam ini, adakah hewan berpasang-pasangan antara sesama jantan atau sesama betina? Jadi bila ada manusia menikah sejenis, artinya dia lebih buruk dari binatang," kata Pacman kala itu.

Tak berapa lama, aktivis dan pesohor LGBT yang tenar di Filipina ramai-ramai menyerang Pacquiao melalui medsos. Sang petinju lantas menyampaikan permintaan maaf dalam bahasa Tagalog.

Nike, perusahaan alat-alat olahraga asal Amerika Serikat, langsung memutus kontrak iklan dengan Manny. Nike menilai ucapan petinju akrab disapa Pacman itu sangat penuh kebencian. Tidak pantas terlontar dari sosok olahragawan yang menjadi panutan banyak orang.

Tidak dijelaskan, berapa nilai kontrak iklan yang diberikan Nike kepada Pacquiao. Namun, dari hitungan kasar, tahun lalu petinju kebanggaan Filipina itu meraup USD 12 juta hanya dari iklan atau uang sponsor sejenis Nike. [ard]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini