Geramnya Kim Jong-un dan Perang Melawan Budaya K-Pop di Korea Utara

Sabtu, 12 Juni 2021 11:26 Reporter : Pandasurya Wijaya
Geramnya Kim Jong-un dan Perang Melawan Budaya K-Pop di Korea Utara Ilustrasi K-pop. ©Billboard

Merdeka.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyebut budaya K-pop sebagai "kanker ganas" yang merusak "gaya rambut, pakaian, cara bicara, dan tingkah laku" anak muda Korut. Jika ini dibiarkan maka budaya K-pop ini bisa membuat Korut ambruk seperti "tembok rapuh".

Budaya K-pop kini sudah berhasil merasuki dunia dan kini mereka berhadapan dengan persinggahan terakhir: Korea Utara. Sang pemimpin Korut sudah menyatakan perang terhadap K-pop. Namun tampaknya sang diktator pun tak kuasa melawan gemuruh ombak K-pop.

Dalam beberapa bulan terakhir, hampir setiap hari media pemerintah Korut mengecam budaya K-pop yang mereka anggap "anti-sosialis dan tidak sosialis", terutama drama korea dan video-video musik K-pop. Kim Jong-un kini sudah memerintahkan bawahannya untuk mencegah invasi budaya K-pop.

Rentetan peristiwa ini terjadi di tengah ekonomi Korut yang terpuruk karena sanksi negara Barat dan kondisi ini boleh jadi membuat kaum muda Korut lebih bisa menerima pengaruh luar.

"Anak muda Korut menganggap mereka tidak berutang apa pun pada Kim Jong-un," kata Jung Gwang-il, pembelot Korut yang menjalankan bisnis dengan menyelundupkan barang-barang K-pop ke Korut. "Dia harus mengevaluasi lagi kontrol ideologinya terhadap anak muda kalau tidak mau kehilangan pijakan bagi masa depan kekuasaan dinasti keluarganya."

Keluarga Kim sudah berkuasa selama tiga generasi di Korut dan kesetiaan kaum muda di Korut seringkali diuji. Mereka tumbuh di masa Korut dilanda bencana kelaparan pada akhir 1990-an karena pemerintah tidak mampu memenuhi kebutuhan makanan. Bencana itu menewaskan jutaan orang. Sejumlah keluarga yang mampu bertahan membeli makanan dari pasar gelap dan selundupan dari China, termasuk barang hiburan bajakan dari Korsel.

Baca Selanjutnya: Peraturan baru...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini