Gempa di Sulteng, pemerintah Malaysia imbau warganya di Indonesia agar waspada

Sabtu, 29 September 2018 10:02 Reporter : Ira Astiana
Gempa di Sulteng, pemerintah Malaysia imbau warganya di Indonesia agar waspada gempa donggala. ©2018 Merdeka.com/BMKG

Merdeka.com - Gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter melanda Donggala, Sulawesi Tengah, kemarin. Sejauh ini, dilaporkan satu orang tewas akibat bencana ini sementara 10 lainnya luka-luka. Selain menyebabkan korban tewas, gempa tersebut juga merusak bangunan dan rumah-rumah warga.

Kementerian Luar Negeri Malaysia, melalui sebuah pernyataan, menyampaikan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan Kedutaan Besarnya di Jakarta dan kantor Konsulatnya di Makassar untuk memastikan kabar warga negara Malaysia yang menetap di Indonesia.

"Kami telah berhubungan dengan para pelajar Malaysia yang berada di sekitar Makassar untuk memastikan keselamatan mereka. Melalui pernyataan ini, kami sampaikan tidak ada rakyat Malaysia menjadi korban akibat kejadian ini," demikian pernyataan Kemenlu Malaysia, berdasarkan keterangan resmi diterima merdeka.com, Sabtu (29/9).

Kemenlu Malaysia juga memberi imbauan kepada masyarakatnya agar selalu waspada dan mengikuti anjuran dari pemerintah setempat selama berada di wilayah Sulawesi.

"Kami meminta rakyat Malaysia supaya senantiasa tenang dan terus mengikuti berita dari pemerintah setempat untuk mengetahui perkembangan terkini agar mengantisipasi adanya gempa susulan," imbau Kemenlu.

Selain itu, Kemenlu Malaysia juga menganjurkan agar rakyatnya yang berada di sekitar wilayah bencana untuk menghubungi pihak kedutaan apabila memerlukan bantuan apapun. [ias]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini