Gembong Narkoba Meksiko El Chapo Dihukum Penjara Seumur Hidup

Kamis, 18 Juli 2019 13:14 Reporter : Hari Ariyanti
Gembong Narkoba Meksiko El Chapo Dihukum Penjara Seumur Hidup Penangkapan El Chapo. ©Reuters

Merdeka.com - Gembong narkoba dari Meksiko, Joaquin Guzman atau populer dengan sebutan El Chapo dijatuhi hukuman penjara seumur hidup ditambah 30 tahun. Vonis itu diputuskan oleh hakim federal pada Rabu (17/7), menurut Pengacara Amerika Serikat untuk Distrik Timur New York.

Dilansir dari CNN, Kamis (18/7), El Chapo juga diperintahkan membayar denda sebesar USD 12,6 miliar. Restitusi akan ditentukan kemudian. Sebelum vonis dijatuhkan, pengacara El Chapo, Mariel Colon - yang mengunjungi kliennya secara rutin di penjara sebelum, selama dan setelah persidangan - mengatakan optimis terkait peluangnya untuk naik banding.

El Chapo dinyatakan bersalah atas 10 dakwaan federal, termasuk konspirasi pembunuhan, menjalankan bisnis kriminal yang berkelanjutan dan tuduhan terkait narkoba lainnya. Chapo merupakan pemimpin sindikat kejahatan terorganisir Meksiko yang dikenal sebagai Sinaloa Cartel.

Di dalam ruang sidang sebelum vonis diputuskan, Chapo menyampaikan selama ditahan dia mengalami tekanan fisik, emosional, dan mental dan menyebut situasi di dalam ruang tahanan tak manusiawi.

"Situasi paling tidak manusiawi yang saya jalani sepanjang hidup saya," ujarnya.

Salah satu pengacaranya, Jeffrey Lichtman menilai vonis hakim tak adil. Dia mengatakan kliennya tidak mendapatkan persidangan yang adil setelah hakim menolak permintaan kliennya untuk menyelidiki kemungkinan kesalahan hakim. Brian A. Benczkowski, asisten jaksa agung dari Divisi Kriminal Departemen Kehakiman menyatakan vonis terhadap El Chapo telah berasaskan keadilan. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Narkoba
  2. Meksiko
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini