KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Gaya jabat tangan Bill Gates dikecam di Korea Selatan

Selasa, 23 April 2013 14:56 Reporter : Faisal Assegaf
Bill Gates menyalami Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye saat diterima di Gedung Biru, Ibu Kota Seoul, Senin (22/4). Gaya jabat tangan Gates dikecam karena dia memasukkan tangan kirinya ke dalam saku celana. (afp)

Merdeka.com - Pendiri perusahaan raksasa Microsoft Bill Gates hari ini mendapat kecaman dari sejumlah media Korea Selatan sehari setelah bertemu Presiden Park Geun-Hye di Gedung Biru, Ibu Kota Seoul, Korea Selatan.

Sebab, dia berjabat tangan dengan gaya santai saat disambut Park kemarin. Gates menyalami tangan kanan presiden perempuan pertama di Korea Selatan itu. Namun tangan kirinya berada di saku celana, seperti dilansir harian The Inquirer, Selasa (23/4).

"Perbedaan budaya atau tindakan tidak menghormati?" tulis surat kabar JoongAng Ilbo dalam keterangan foto pertemuan kedua tokoh itu.

Jabat tangan melecehkan? Salaman santai? tulis koran Dong-A Ilbo dalam berita utama mereka.

Rakyat Korea Selatan terbiasa hidup dalam lingkungan bertingkat secara sosial dan strata ekonomi. Alhasil, etika merupakan persoalan serius dan sensitif.

Hingga kini, istana kepresidenan menolak berkomentar. Namun, foto gaya salaman santai gates itu mendapat kritikan di media sosial. "Bagaimana dia bisa memasukkan satu tangannya di saku celana ketika bertemu seorang pemimpin negara," tulis akun Twitter @msryu67.

Ini bukan gaya salaman baru Gates. Ketika lima tahun lalu berjumpa presiden Korea Selatan sebelumnya, Lee Myung-Bak, Gates juga memasukkan tangan kirinya ke dalam saku celana. [fas]

Topik berita Terkait:
  1. Korea Selatan

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.