Gara-Gara Corona, Konvensi Capres Demokrat Penantang Trump Ditunda

Jumat, 3 April 2020 15:04 Reporter : Iqbal Fadil
Gara-Gara Corona, Konvensi Capres Demokrat Penantang Trump Ditunda bernie sanders. ©thenation

Merdeka.com - Partai Demokrat memutuskan menunda penyelenggaraan konvensi pencalonan presiden Amerika Serikat hingga Agustus mendatang akibat wabah virus corona. Banyak negara bagian yang menunda pemilihan pendahuluan mereka.

Keputusan yang dibuat Kamis (2/4) itu juga menetapkan, siapa capres penantang Presiden Donald Trump akan diumumkan di konvensi yang digelar di Milwaukee pada 17 Agustus 2020. Sebelumnya konvensi dijadwalkan pada bulan Juli demi mempersiapkan capres Demokrat menghadapi pilpres November mendatang.

Dua kandidat terkuat, Joe Biden dan saingannya Bernie Sanders juga telah menghentikan sementara kampanye mereka, dan lebih dari selusin negara telah menunda pemilihan pendahuluan karena kekhawatiran tentang risiko penyebaran Covid-19.

"Dalam kondisi ketidakpastian saat ini, kami percaya pendekatan paling cerdas adalah mengambil waktu tambahan untuk memantau bagaimana situasi ini terungkap," kata Joe Solmonese, kepala eksekutif Komite Konvensi Nasional Demokrat seperti dikutip Reuters.

Konvensi tersebut akan diadakan di Milwaukee, Wisconsin, negara bagian yang dimenangkan Trump pada 2016. Negara bagian itu dipandang sebagai medan pertempuran utama untuk pemilihan presiden 2020.

1 dari 1 halaman

Dalam sebuah wawancara televisi, Biden pada hari Rabu menyerukan untuk menunda ibadah kebaktian di gereja. Biden, mantan Wakil Presiden AS yang mendampingi Presiden Obama selama dua periode, saat ini memimpin kontes pencalonan dari Demokrat melawan Sanders, seorang senator AS dari Vermont.

Sekitar 5.340 orang Amerika telah meninggal dan lebih dari 225.510 kasus telah dikonfirmasi, menurut penghitungan Reuters.

Sementara itu Partai Republik telah merencanakan untuk mengadakan konvensi pencalonan mereka pada bulan Agustus, di Charlotte, North Carolina.

Juru bicara Komite Nasional Republik Rick Gorka mengatakan partai memiliki sumber daya yang diperlukan untuk kontes nominasi mereka.

"Kami berkomitmen penuh untuk mengadakan konvensi Partai Republik di Charlotte seperti yang direncanakan dan mencalonkan kembali Presiden Trump," kata Gorka. [bal]

Baca juga:
Twitter Memberikan Fitur Khusus Untuk Video Palsu Jelang Pemilu AS 2020
Intelijen AS Sebut Rusia Campur Tangan Agar Trump Terpilih Kembali
Virus Corona Hingga Pemilu AS Pengaruhi Ekonomi Indonesia Tahun Ini
Serangan Trump ke Iran Dinilai Bagian Kampanye 2020 dan Pengalihan Isu Pemakzulan
Anggota Demokrat Dikritik Tajam Karena Abstain Saat Pemungutan Suara Pemakzulan Trump

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini