KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Gadis ini bersin 8.000 kali sehari, tak bisa diobati

Senin, 25 Juli 2016 15:47 Reporter : Pandasurya Wijaya
ira saxena. ©YouTube

Merdeka.com - Ira Saxena, gadis asal Colchester, Inggris, tak bisa berhenti bersin. Dari mulai bangun tidur, dia bisa bangkis sepuluh kali dalam semenit. Kondisi ini makin hari makin parah dan ibunya tak bisa berbuat apa-apa. Dokter juga tidak tahu apa yang menyebabkan dia sering bersin tanpa henti.

Kebiasaan bangkis Ira ini dimulai sejak tiga pekan lalu saat dia baru bangun tidur. Menurut ibunya, Priya, awalnya bersin putrinya itu tidak parah, tapi kemudian lantaran keseringan bersin membuat dia tidak bisa pergi sekolah. Dia kini bersin hingga kira-kira 8.000 kali saban hari, bahkan terkadang bisa sepuluh kali dalam semenit, sampai akhirnya dia tertidur.

"Yang masih disyukuri, tidurnya masih baik. Itulah satu-satunya cara dia tidak bersin dan dia bisa tidur semalaman," ujar ibyunya, seperti dilansir Odditycentral, pekan lalu.

Ira sudah menemui banyak dokter tapi mereka semua mengatakan bersinnya bukan karena alergi atau sedang pilek. Mereka tidak tahu apa yang menyebabkan dia bersin. Menurut dokter, kemungkinan ada sinyal yang salah yang dirim dari otak atau ada semacam gangguan saraf, tapi mereka tidak terlalu yakin. Ira diketahui tidak alergi terhadap apa pun dan dia sudah diberi obat semprot, steroid, antihistamin, tapi tidak ada pengaruh.

Satu-satunya cara yang bisa membuat Ira berhenti bangkis selain tidur adalah ketika dia mengikuti terapi pernapasan. Namun setelah selesai melakukan terapi itu maka dia mulai bersin lagi. Ibunya kini berharap anaknya bisa sembuh dengan terapi khusus.

Durasi bersin paling lama yang pernah dialami Ira adalah 25 menit hampir tanpa henti. Saat itu dia bersin hampir tiap 10-15 detik. Dia mengaku menghindari keluar rumah karena bersinnya bisa tambah parah.

"Penyakit ini merenggut hidupnya. Sungguh membuat stres. Sejujurnya, ini lebih mempengaruhi saya ketimbang dirinya. Saya ingin dia kembali seperti sebelumnya," kata sang ibu.

Berikut video tentang Ira Saxena:


[pan]

Topik berita Terkait:
  1. Inggris
  2. Penyakit Langka
  3. Jakarta

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.